PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GMIM VII TOMOHON

Main Article Content

Edward Pusungulaa
Roos M. S. Tuerah
Steven Mandey

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penggunaan metode Role Playing dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD GMIM VII Tomohon; (2) mendiskripsikan langkah- langkah penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD GMIM VII Tomohon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM VII Tomohon yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data analisis observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan  analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD GMIM VII Tomohon. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketutasan pada pratindakan Siklus I sebesar 6,56 %, dan siklus II sebesar 85,66 %. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Dalam penerapan metode Role playing, guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) Naskah drama diberikan kepada siswa sebelum pelaksanaan; (2) Siswa yang mengobservasi diberi kesibukan dengan mengerjakan LKS; (3) langkah-langkah metode Role Playing dilaksanakan secara keseluruhan dalam satu pertemuan; (4) menciptakan suasana pembelajaran yang santai, menyenangkan namun terkendali.

Article Details

Section
Articles