PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM PONDOS

Main Article Content

Yeski Hizkia Nender
Hetty J. Tumurang
Kartini Ester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD GMIM Pondos melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM Pondos yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Setelah diterapkan model pembelajaran problem solving dan diadakan tes individu pada siklus I, hasil belajar siswa adalah 52,92%. Karena belum memenuhi kriteria keberhasilan maka diadakan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan menjadi 91,6%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SD GMIM Pondos. Disarankan kepada guru-guru agar lebih memanfaatkan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lainnya.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>