PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDN INPRES 5/81 KARONDORAN BITUNG

Main Article Content

Priya S. Ayuba
Joulanda A. M. Rawis
Juliana K. Tagupia

Abstract

Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas II SDN INPRES 5/81 Karondoran Bitung dengan jumlah siswa 14 orang, 10 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik di sekolah dasar pada materi “simbol-simbol sila pada Pancasila & teks percakapan” dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dikemukakan oleh Menurut Sukardi (2004:212), metode penelitian tindakan kelas terdiri dari empat komponen yaitu pengembangan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I dalam mengelola pembelajaran mulai mengalami peningkatan sangat baik yang mana pada siklus I 80,35% dan pada siklus II smenjadi 94,64%. Aktivitas siswa pada siklus II lebih baik dari siklus I yang mana hasil presentase lebih meningkat pada siklus I dengan nilai 76,78% dan pada siklus II menjadi 92,85%. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar belum tercapai karena secara klasikal hanya mencapai 57,1%. Untuk itu proses pembelajaran diperbaiki lagi dan dilakukan pada siklus ke II dan secara klasikal hasil belajar mencapai 92,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan materi “simbol-simbol sila pada Pancasila & teks percakapan” di SDN INPRES 5/81 Karondoran Bitung. Dengan demikian dapat dibuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas II SDN INPRES 5/81 Karondoran Bitung.

Article Details

Section
Articles