UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 MANADO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Manado. Pelaksanaan penelitian
menggunakan metode kualitatif oleh Miles and Huberman dalam Djam’an Satori dan Aan
Komariah (2013:218). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi (pengamatan
secara langsung terhadap objek), Wawancara (melakukan interaksi langsung dengan objek
penelitian), Dokumentasi (pengumpulan data). Proses analisis data menggunakan model
analisis Miles & Hubberman melalui tiga tahapan cara Reduksi Data, Display Data dan
Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini berfokus pada upaya yang digunakan guru untuk
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: (1) menjadi Pendidik (Educator), (2) Pendorong
(Motivator),(3) menjadi Pembimbing dan Fasilitator. Selanjutnya analisis penerapan upaya
guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, melalui perannya guru memiliki strategi yang di
pakai dalam pembelajaran seperti membuat pembelajaran terlihat menarik dengan melakukan
permainan yang berkaitan dengan pembelajaran, melakukan praktik dan belajar diluar kelas.
Kendala guru dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa adalah kurang aktifnya siswa pada
waktu pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa upaya guru dalam
meningkatkan Hasil Belajar siswa Dalam pelajaran IPS di SD Negeri 24 Manado secara umum
sudah terlaksana dengan baik.