UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 MANADO
Keywords:
Upaya Guru, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Manado Pelaksanaan penelitian
menggunakan metode kualitatif oleh Miles and Huberman dalam Djam an Satori dan Aan
Komariah 2013:218 Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi pengamatan
secara langsung terhadap objek Wawancara melakukan interaksi langsung dengan objek
penelitian Dokumentasi pengumpulan data Proses analisis data menggunakan model
analisis Miles amp; Hubberman melalui tiga tahapan cara Reduksi Data Display Data dan
Penarikan Kesimpulan Hasil penelitian ini berfokus pada upaya yang digunakan guru untuk
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: 1 menjadi Pendidik Educator 2 Pendorong
Motivator 3 menjadi Pembimbing dan Fasilitator Selanjutnya analisis penerapan upaya
guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui perannya guru memiliki strategi yang di
pakai dalam pembelajaran seperti membuat pembelajaran terlihat menarik dengan melakukan
permainan yang berkaitan dengan pembelajaran melakukan praktik dan belajar diluar kelas
Kendala guru dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa adalah kurang aktifnya siswa pada
waktu pembelajaran Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa upaya guru dalam
meningkatkan Hasil Belajar siswa Dalam pelajaran IPS di SD Negeri 24 Manado secara umum
sudah terlaksana dengan baik < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id