PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES KAKASKASEN II TOMOHON

Main Article Content

Cindy T. Ella
Hetty J. Tumurang
Margareta O. Sumilat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SD Inpres Kakaskasen II Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Kakaskasen II Tomohon yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan ada 7 siswa atau 21,21% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus I, hasil tes di siklus I ada 15 siswa atau 45,45% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 33 siswa atau 100 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 64,84 sedangkan pada siklus II yaitu 78,18.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>