PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARKTER PADA SISWA KELAS V SD GMIM V TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter guna menunjang pembelajaran siswa kelas di SD GMIM V Tomohon. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder, yakni sumber data primernya berasal dari kepala sekolah, guru-guru kelas V. Setelah melewati berbagai prosedur penelitian yakni analisis data yang melalui tiga tahap yaitu mengoleksi data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Terdapat permasalahan mengenai pembentukan Karakter. Permasalahan Tersebut antara lain: (1) Kurangnya sopan santun terhadap guru dan orang yang lebih tua, (2) kurangnya kedisiplinan, (3) beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan pembelajaran, (4) Kurangnya kejujuran dan ketebukaan terhadap guru.