PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SD GMIM RANOLAMBOT

Main Article Content

Viratlym A. Marisu
Roos M. S. Tuerah
Romi J. Mongdong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 di SD GMIM Ranolambot. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan narasumber. Pemerolehan data melalui data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekankeabsahan data dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru di SD GMIM Ranolambot telah menjalankan berbagai peran yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 yaitu guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelolah kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator, guru sebagai motivator, guru membangkitkan minat belajar siswa, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, gurumemberikan pujian atas keberhasilan siswa

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2