PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GMIM VIII TOMOHON

Main Article Content

Yudistira D. Maarebia
Hetty J. Tumurang
Danny A. Masinambow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD GMIM VIII Tomohon dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw. Metode Penelitian yang gunakan adalah metode penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian menggunakan Model Steven Kemmis dan McTaggart yang meliputi 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sedangkan pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes essay dan pilihan ganda (objektif), dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi untuk mengamati pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru. Dalam pembelajaran guru menggunakan buku cetak, gambar dan alat peraga. Metode yang di gunakan saat pembelajaran berlangsung yaitu metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Dari kegiatan pembelajaran tentunya ada hasil yang harus dicapai siswa. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan belajar IPA materi Cara Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia pada siswa benar-benar dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran. Hasil yang didapat siswa dilihat dari skor pada siklus I yaitu 775 dengan skor tertinggi 90 dan skor terendah 20 jadi presentasenya 50%. Pada Siklus II skor yang didapat siswa yaitu 1260 dengan skor tertinggi 100 dan skor terendah 70 jadi presentasenya 90%.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>