PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan bakat siswa agar dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai sehingga dapat diolah menjadi barang yang lebih berguna dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran akan menumbuhkan kepeduliam siswa terhadap barang yang sudah tidak terpakai lagi kemudian bisa berguna dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kreativitas dan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA menggunakan media pembelajaran barang bekas di SD Inpres Perumnas Uluindano. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam dua siklus. Analisis data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, siklus I 30 % dengan rata-rata 62, dan siklus II mencapai 100% dengan rata – rata 85. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan barang bekas sebagai media dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano, sebagai saran guru dapat menerapkan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.