PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GMIM I TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi melalui penerapan model Explicit Instruction siswa kelas V SD GMIM 1 Tomohon.kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah guru kurang mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa. Proses belajar membaca puisi yang dilakukan guru adalah membagikan puisi kepada siswa dan guru membacakan puisi tanpa di bantu dengan media yang menarik. Selanjutnya guru menugaskan siswa belajar dalam kelompok untuk latihan membaca puisi tersebut tanpa menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membaca puisi bagaimana dalam menentukan jeda, penggalan kata dalam puisi sehingga siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. Proses belajar seperti ini mengakibatkan siswa merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan di kelas V SD GMIM 1 Tomohon dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi membaca puisi, secara rinci 20 siswa ketuntasan hasi belajar pada siklus I sebanyak (72%). Selanjutnya pada siklus II ketuntasan hasil belajar bahasa Indonesia secara rinci 20 siswa sebanyak (82%) meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai nilai sangat memuaskan dengan demikian penerapan model Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi siswa di kelas V SD GMIM 1 Tomohon.