PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GMIM I TOMOHON
Keywords:
Model Explicit Instruction, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi melalui penerapan model Explicit Instruction< em> siswa kelas V SD GMIM 1 Tomohon kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah guru kurang mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa Proses belajar membaca puisi yang dilakukan guru adalah membagikan puisi kepada siswa dan guru membacakan puisi tanpa di bantu dengan media yang menarik Selanjutnya guru menugaskan siswa belajar dalam kelompok untuk latihan membaca puisi tersebut tanpa menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membaca puisi bagaimana dalam menentukan jeda penggalan kata dalam puisi sehingga siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat Proses belajar seperti ini mengakibatkan siswa merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa Subjek penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan di kelas V SD GMIM 1 Tomohon dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa Hasil nbsp; analisis data menunjukan bahwa ada peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia pada nbsp; materi membaca puisi secara rinci 20 siswa ketuntasan hasi belajar pada siklus I sebanyak 72 Selanjutnya pada siklus II ketuntasan hasil belajar bahasa Indonesia secara rinci 20 siswa sebanyak 82 nbsp;meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai nilai sangat memuaskan nbsp; dengan demikian penerapan model Explicit Instruction< em> dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca puisi siswa di kelas V SD GMIM 1 Tomohon < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id