PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Stella S. Taaweran
Widdy H. F. Rorimpandey
Danny A. Masinambow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V di SD Katolik St. Theodorus Peret. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SD Katolik St. Theodorus Peret pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis yang membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II.Pada siklus I mencapai 68,57% sedangkan pada siklus II mencapai 86,07% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bawha penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Katolik St. Theodorus Peret

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>