ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KATOLIK St. YOSEPH SARONGSONG

Main Article Content

Yoki F. Barus
Roos M. S. Tuerah
Lucia A. M. Pati

Abstract

Hasil dari penelitian ini adalah siswa-siswi di SD Katolik St. Yoseph sarongsong dalam bermain game online, rata-rata bermain dengan waktu 1-4 jam dalam sehari. Penggunaan game online mobile legends pada siswa dapat memiliki dampak yang kompleks tergantung pada cara dan frekuensi penggunaannya, baik secara positif maupun negatif. Di satu sisi, game ini dapat menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi siswa setelah mengerjakan sejumlah tugas sekolah. Bermain game online mobile legends memberikan dampak positif dan negatif. Dimana dampak negatif yang ditimbulkan lebih banyak dari pada dampak positifnya. Beberapa dampak positifnya antara lain menghilangkan stres pada siswa, meningkatkan kemampuan berbahasa asik seperti bahasa inggris, siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang teknologi dan internet yang lebih baik dan melatih siswa berkomunikasi dengan baik. Sedangkkan bebrapa dampak negatif yang ditimbulkan antara lain siswa akan kecanduan bermain game online mobile legends, siswa juga akan malas mengikuti pembelajaran di sekolah, waktu anak bermain game akan lebih sering dari pada belajar, siswa akan suka berkata kasar, konsenterasi anak akan menurun atau kurang memperhatikan pembelajaran yang di berikan oleh guru, siswa akan cepat merasa lelah karena kurang tidur dan siswa akan merasa kesulitan memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru. Bermain game online mobile legends dapat memotivasi siswa untuk belajar jika siswa tersebut di berikan tantangan oleh orang tua mereka, jika tidak mereka tidak akan termotivasi untuk belajar di karenakan siswa tersebut lebih tertarik untuk bermain game. Tantangan yang di maksud oleh peneliti adalah siswa akan diperintahkan untuk mengerjakan tugas rumahnya (PR) atau belajar oleh orang tuanya supaya mereka dapat bermain game kembali. Dari situ mereka akan termotivasi untuk belajar jika tidak mereka akan lebih termotivasi untuk bermain game dari pada belajar. Seperti menurut ibu trully bermain game tersebut akan membuat mereka menjadi kecanduan dan kurang tertarik akan belajar. mereka akan lebih suka untuk bermain game bersama teman-temannya dari pada belajar.

Article Details

Section
Articles