PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES KAKASKASEN II
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia materi unsur intrinsik cerita pada siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen II. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpukan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Analisis data guna mengetahui kemampuan siswa dalam memahami dan menganalisis unsur intrinsik cerita apakah telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar atau tidak. Dari data hasil belajar yang diperoleh, dianalisis dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar mencapai 69% sedangkan pada siklus II menjadi 95% Sehingga dari pencapaian siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) sangat cocok untuk siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen II. Kesimpulannya adalah penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia materi unsur intrinsik cerita pada siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen II.