PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD KATOLIK SALIB SUCI KINILOW
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Katolik Salib Suci Kinilow dengan penerapan model pembelajaran Project based learning Berbasis STEAM diartikan sebagai salah satu pembelajaran yang merupakan proses pembelajaran dengan memadukan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM), yang memberikan tantangan bagi siswa untuk mencari Solusi dari pemasalahan secara individu maupun kelompok pada kelas VI SD Katolik Salib Suci Kinilow. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan. 3. Observasi, dan 4. Refleksi. dengan II siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai 63,5% dan pada siklus II mencapai 84,00%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa pencapaian siswa dengan Model Pembelajaran Pembelajaran Project based learning Berbasis STEAM dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Katolik Salib Suci Kinilow. Sebagai saran bagi guru kelas untuk menerapkan model Pembelajaran Project based learning Berbasis STEAM dalam pembelajaran IPA yaitu dapat mengubah cara mengajar guru agar lebih kreatif, variatif dan lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.