ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN UKM DI DESA KAROWA

Authors

  • Reza Lomban Universitas Negeri Manado
  • Joubert Dame Universitas Negeri Manado
  • Herman Dolonseda Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.11002

Keywords:

Use of Social Media, Small Business Development

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  pemanfaatan media sosial dapat berpotensi dalam peningkatan serta apa saja faktor penghambat peningkatan UKM di Desa Karowa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan dialisis secara deskriptif sehigga dapat menggambarkan objek dan subjek sesuai keadaannya. Adapun objek

dalam penelitian ini adalah Warga Desa Karowa sebagai pelaku UKM. Hasil penelitian    menunjukkan bahwa secara keseluruhan penggunaan media sosial untuk peningkatan UKM di Desa Karowa masih perlu ditingkatkan secara konsisten, pemberian waktu luang dalam pembuatan konten produk dan pemilihan media sosial yang tepat perlu dllakukan.

Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Peningkatan Usaha Kecil Menegah

 

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine whether the use of social media can potentially increase and what are the inhibiting factors for increasing UKM in Karowa Village. This study was conducted using qualitative methods and descriptive dialysis so that it can describe the object and subject according to their circumstances. The object in this study is the Karowa Village Residents as UKM actors. The results of the study indicate that overall the use of social media for increasing UKM in Karowa Village still needs to be consistently increased, providing free time in creating product content and choosing the right social media needs to be done.

Keywords: Use of Social Media, Small Business Development

References

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat, (Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal).

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Singgih Nurgiantoro, Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garski11 Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing, Skripsi Universitas /Negeri Yogyakarta (20/.1). Jasa Internet Indonesia) 2017.

lrawati Qolbunlah Hasanah, Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Pada Produk Chocofaza, Skripsi Institut Pertanian Bogor, 2016

Lapasisi, AP, Wantah, E., & Palangda, L. (2023). PENGEMBANGAN MATERI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN KOTAMOBAGU SELATAN KOTA KOTAMOBAGU. Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi , 4 (2), 293-305. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8410

Kotler P. Amstrong G. Prinsip-prinsip pemasaran. penerjemah: maulana A. Barnadi D. Hardani W. ( Jakarta : Erlangga, 2008 ).

M. Basyirudin Usman, Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), h. I.

Rulli Nasrullah, Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosiologi

(Bandung: Simbiosa Rekatama Media: 2015)

Sangari, M., Manongko, AC, & Makaliwe, N. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA TOMPASOBARU II KECAMATAN TOMPASOBARU. Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi , 5 (1), 75-85. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9064

Sigar, I A, Kandori, I., & Wuisang, J. (2024). ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN TONDANO UTARA KABUPATEN MINAHASA . Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi , 5 (1), 247-255. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.984

Https://m.brilio.nct/creator/media-sosial-ini-paling-banyak-gunakan-oleh-orang­indonesia-.html di akses tanggal 01 maret 2020.17Henry, Faizal N, Ekouomi

Tjiptono F., Slrategi Pemasaran, Jilid Ill, Yogyakarta: Andi, 2008, him. 219.

Terence A. Shimp, Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pemasaran dan Promosi, edisi 8, terj. Harya Shima Sena, Fitri Santi, Annisa Puspita Dewi, Jakarta: Salemba Empat, 2014,

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran clan loyalitas Konsumen, (Bandung: Alfabeta,2019). Philip Kotler dan Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, (Jakarta: Perlahindo, 2008), Supranto dan Nandan Limakrisna, Perilaku Konsumen Strategi Pemasaran (Jakarta: Mitra wacana media, 2011)

FandyTjiptono, Pemasaran: F.sensi &Aplilcasi, (Yogyakarta: Andi, 2016), him. 218 Arif Yusuf Hamali, Pemahaman Strategi Bisuis & Kcwirau.mhaau,(Jakarta:

Prenadamedia Group, 20I6)

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran,(Jakarta: PT. Prenhallindo, 2000), him. 448. Rambat Lupiyoadi, Manajemen pemasaran Jasa (Teori dan Prak1ek). (Depok: Salemba Empat, 2001)

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Lomban, R., Dame, J. ., & Dolonseda, H. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN UKM DI DESA KAROWA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 520-528. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.11002

Issue

Section

Articles