ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN UKM DI DESA KAROWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.11002Keywords:
Use of Social Media, Small Business DevelopmentAbstract
nbsp;< p>
ABSTRAK < strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nbsp;pemanfaatan media sosial dapat berpotensi dalam peningkatan serta apa saja faktor penghambat peningkatan UKM di Desa Karowa Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan dialisis secara deskriptif sehigga dapat menggambarkan objek dan subjek sesuai keadaannya Adapun objek< p>
dalam penelitian ini adalah Warga Desa Karowa sebagai pelaku UKM Hasil penelitian nbsp; nbsp; nbsp; menunjukkan bahwa secara keseluruhan penggunaan media sosial untuk peningkatan UKM di Desa Karowa masih perlu ditingkatkan secara konsisten pemberian waktu luang dalam pembuatan konten produk dan pemilihan media sosial yang tepat perlu dllakukan < p>
Kata Kunci : < strong>Penggunaan Media Sosial Peningkatan Usaha Kecil Menegah< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
ABSTRACT < strong>< p>
nbsp;< em>< p>
This study aims to determine whether the use of social media can potentially increase and what are the inhibiting factors for increasing UKM in Karowa Village This study was conducted using qualitative methods and descriptive dialysis so that it can describe the object and subject according to their circumstances The object in this study is the Karowa Village Residents as UKM actors The results of the study indicate that overall the use of social media for increasing UKM in Karowa Village still needs to be consistently increased providing free time in creating product content and choosing the right social media needs to be done < p>
Keywords:< strong> Use of Social Media Small Business Development< p>
References
Feni Dwi Anggraeni Imam Hardjanto Ainul Hayat Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah UMKM melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal
APJII Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Singgih Nurgiantoro Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garski11 Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta 20 1 Jasa Internet Indonesia 2017
lrawati Qolbunlah Hasanah Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Pada Produk Chocofaza Skripsi Institut Pertanian Bogor 2016
Lapasisi AP Wantah E Palangda L 2023 PENGEMBANGAN MATERI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN KOTAMOBAGU SELATAN KOTA KOTAMOBAGU Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 2 293 305 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i2 8410
Kotler P Amstrong G Prinsip prinsip pemasaran penerjemah: maulana A Barnadi D Hardani W Jakarta : Erlangga 2008
M Basyirudin Usman Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers 2002 h I
Rulli Nasrullah Media Sosial: Perspektif Komunikasi Budaya Dan Sosiologi
Bandung: Simbiosa Rekatama Media: 2015
Sangari M Manongko AC Makaliwe N 2024 PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA TOMPASOBARU II KECAMATAN TOMPASOBARU Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 75 85 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 9064
Sigar I A Kandori I Wuisang J 2024 ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN TONDANO UTARA KABUPATEN MINAHASA Literasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 247 255 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 984
Https: m brilio nct creator media sosial ini paling banyak gunakan oleh orang indonesia html di akses tanggal 01 maret 2020 17Henry Faizal N Ekouomi
Tjiptono F Slrategi Pemasaran Jilid Ill Yogyakarta: Andi 2008 him 219
Terence A Shimp Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pemasaran dan Promosi edisi 8 terj Harya Shima Sena Fitri Santi Annisa Puspita Dewi Jakarta: Salemba Empat 2014
Ratih Hurriyati Bauran Pemasaran clan loyalitas Konsumen Bandung: Alfabeta 2019 Philip Kotler dan Amstrong Dasar dasar Pemasaran Jakarta: Perlahindo 2008 Supranto dan Nandan Limakrisna Perilaku Konsumen Strategi Pemasaran Jakarta: Mitra wacana media 2011
FandyTjiptono Pemasaran: F sensi Aplilcasi Yogyakarta: Andi 2016 him 218 Arif Yusuf Hamali Pemahaman Strategi Bisuis Kcwirau mhaau Jakarta:
Prenadamedia Group 20I6
Philip Kotler Manajemen Pemasaran Jakarta: PT Prenhallindo 2000 him 448 Rambat Lupiyoadi Manajemen pemasaran Jasa Teori dan Prak1ek Depok: Salemba Empat 2001

ÂÂÂÂÂ