PENGEMBANGAN MATERI AJAR NERACA LAJUR BERBANTUAN APLIKASI CANVA

Authors

  • Anilla Adelia Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Allen Ch. Manongko Universitas Negeri Manado
  • Sri Purwaningsih Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11900

Keywords:

PENGEMBANGAN MATERI AJAR , NERACA LAJUR , APLIKASI CANVA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi neraca lajur di

SMK Negeri 1 Kotamobagu, yang diperparah oleh terbatasnya variasi bahan ajar yang tersedia.

Kondisi ini menghambat pencapaian pemahaman konsep akuntansi yang mendalam dan aplikasi

praktis neraca lajur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar

neraca lajur yang inovatif, menarik, dan interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Metode

penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan

4-D, meliputi tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan

bahwa materi ajar yang dikembangkan melalui aplikasi Canva divalidasi oleh ahli materi, ahli media,

dan guru akuntansi sebagai produk yang layak dan efektif. Uji coba terbatas juga menunjukkan

peningkatan pemahaman dan motivasi belajar siswa terhadap materi neraca lajur.

ABSTRACT

This research is motivated by the lack of students' understanding of the trial balance material at SMK

Negeri 1 Kotamobagu, which is exacerbated by the limited variety of teaching materials available.

This condition hinders the achievement of a deep understanding of accounting concepts and

practical applications of the trial balance. Therefore, this study aims to develop innovative,

interesting, and interactive trial balance teaching materials by utilizing the Canva application. The

research method used is Research and Development (R&D) with a 4-D development model,

including the Define, Design, Development and Disseminate stages. The results of the study showed

that the teaching materials developed through the Canva application were validated by material

experts, media experts, and accounting teachers as feasible and effective products. Limited trials

also showed an increase in students' understanding and motivation to learn the trial balance material.

References

Arviny D. Saputri & Sitti Hajerah Hasyim(2023). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akutansi Universitas Negeri Makasar. Jurnal Pendidikan Akutansi, p. 201-2011. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+ media+pembelajaran+canva+terhadap+motivasi+belajar&btnG=#d=gs_qa bs&t=1718105915618&u=%23p%3D3a0uVPifyl8J

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), p. 75–84. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pemanfaata n+media+pembelajaran+audio+visual&btnG=#d=gs_qabs&t=1718143627

Kandori, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Pada Guru Guru Sman 2 Tondano . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 218-228. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4661

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity,2(4),108-113. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pemanfaata n+media+pembelajaran+audio+visual&btnG=#d=gs_qabs&t=1718143627 061&u=%23p%3DMtfr_F_tInsJ

Lois Tambunan & Janwar Tambunan. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E- Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Grafik Fungsi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Cendekia Volume 13 No. 2 Tahun 2023, p. 1029-1038. Diakses pada 8 Desember 2023. https://jcup.org/index.php/cendekia/article/view/2212

&u=%23p%3DMtfr_F_tInsJ

Melva. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Akutansi Dasar Menyusun Neraca Lajur Perusahaan Jasa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Syntax Idea Volume 4 No. 10 Tahun 2022, p. 1463-1470. Diakses Pada 3 januari 2024. https://jurnal.syntax- idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1977

Muhammad Afdhaluzzikri(2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat. Jurnal UIN Ar-Raniry, p. 11-15. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aplikasi+caRatna Siswati &

Susi Agustini. (2021). Penerapan Media Pembelajaran QR Code Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akutansi. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 9 No. 1 Tahun 2021, p. 1-10. Diakses Pada 3 Januari 2024. https://www.neliti.com/publications/554660/penerapan-media- pembelajaran-qr-code-berbantuan-aplikasi-canva-untuk-meningkatkan- hasil-b

Sari, M. N., & Sumarno, A. (tahun). Pengembangan Media E-Modul Interaktif Materi Pokok Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi,Halaman1-10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/40889

nva+sebagai+media+pembelajaran+yang+efektiv&btnG=#d=gs_qabs&t=1

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Zulfadhli Rusli. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pratikum Akutansi Perusahaan Jasa, Dagang Dan Manufaktur Materi Neraca Lajur Melalui Penggunaan Video Tutorial. Jurnal Economica Didactica Volume 3 No. 2 Tahun 2022, p. 26-38. Diakses pada 8 Desember 2023. https://jurnal.usk.ac.id/JED/article/view/30313

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Siswanto, A. A., Manongko, A. C., & Purwaningsih, S. (2025). PENGEMBANGAN MATERI AJAR NERACA LAJUR BERBANTUAN APLIKASI CANVA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 122–133. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11900

Issue

Section

Articles