IDENTIFKASI MASALAH DAN ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA WHATSAPP DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN DI INDOMARET POLITEKNIK 3
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3201Keywords:
Problem Identification, Needs Analysis, WhatsApp Media DevelopmentAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan pelayanan pelangga Indomaret Politeknik 3 Manado terkait dengan layanan pemasaran dan infomasi produk-produk yang di jual di Toko Indomaret Politeknik 3 Manado. Metode yang d gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan diperkuat dengan data wawancara mendalam serta Teknik Focus Group Discussion untuk memperkuat hasil survey serta wawancara mendalam. Untuk objek penelitian berada di toko Indomaret Politeknik 3 kota Manado dengan subjek pengambilan data penelitian yaitu 10 orang Konsumen yang sering berbelanja di Inomaret Politeteknik 3 Manado serta seluruh karyawan yang bekerja di indomaret politeknik 3 Manado. Hasil Indentifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan konsumen indomaret politeknik 3 menghasilkan gambaran bahwa kesulitan untuk mendapatkan informasi promosi dan konsumen tidak memahami ketentuan-ketentuan promosi membuat pelanggan yang ada di indomaret politeknik 3 sering salah dalam membeli produk promosi, Untuk analisis kebutuhan akan media WhatsApp yang dikembangkan lewat adanya pemanfaatan promosi serta informasi produk kepada konsumen menghasilkan informasi rata-rata konsumen membutuhakan informasi produk-produk serta bentuk-bentuk promo produk yang di jual oleh pihak indomaret secara online atau berbasis media WhatsApp dengan memanfatkan media WhatssApp yang dikembangkan untuk membantu pemasaran serta infomrasi produk yang di jual oleh Indomaret. Hasil penelitian ini mengambarkan Sebagian besar konsumen sangat membutuhkan pihak indomaret memanfaatkan media WhatssApp dengan fitur-fitur yang ada untuk memudahkan pemasaran produk indomaret serta meningkatkan literasi informasi terkait dengan sarana promosi produk oleh pihak Indomaret Politeknik 3 Manado.
Kata Kunci : Identifikasi Masalah, Analisis Kebutuhan, Pengembangan Media WhatsApp
Abstract
This study aims to identify customer service problems Indomaret Polytechnic 3 Manado related to marketing services and product information sold at the Indomaret Polytechnic 3 Manado Shop. The method used in this study uses an in-depth survey method with data interviews and Focus Group Discussion techniques to strengthen the results of the survey and in-depth interviews. The object of the research is the Indomaret Polytechnic 3 Manado shop with the research subjects, namely 10 Consumers who often shop at Inomaret Polytechnic 3 Manado and all employees who work at Indomaret Polytechnic 3 Manado. The results of problem identification and needs analysis carried out with consumers of Indomaret Polytechnic 3 resulted in an illustration that difficulties in obtaining promotional information and consumers not understanding the terms of promotion made customers at Indomaret Polytechnic 3 often wrong in buying promotional products, For analysis of the need for WhatsApp media which was developed through the use of promotions and consumer information to produce information on average consumers need information on products and forms of product promotions sold by Indomaret online or based on WhatsApp media by utilizing WhatsApp media which was developed to assist marketing and product information. sold by Indomaret. The results of this study illustrate that most consumers really need Indomaret to use WhatsApp media with existing features to facilitate the marketing of Indomaret products and increase information literacy related to product promotion facilities by Indomaret Polytechnic 3 Manado.
Keywords: Problem Identification, Needs Analysis, WhatsApp Media Development
References
Agung, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Intensi
Pembelian. Semarang
Aji, Suparwoto. 2017. Pengembengan Aplikasi Layanan Pesan Instan WhatsApp Sebagai
Sumber Belajar Mandidi Untuk Meningatkan MOtivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Purwokerto.
Ali Ma’ruf Moh. 2017 Analisa Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Kabupaten
Nyanjuk. Oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta.
Arinni. 2016. Pengembangan Media Sosial WhatsAppSebagai Media Pembelajaran Bahasa
Arab DI SMP IT Masjid Syahuda Yogyakarta. Yogyakarta
Donni. 2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta
Putra. Nusa 2012. Rearch and Development, Penelitian dan Pengembangan Konstektual
Bermuatan Nilai. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT. Alfabet
Suardi, Moh. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://bukudaring.com/pengertian-internet/#3_Sebagai_Media_Bertukar_Sumber_Daya
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-media/
https://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian-pesan.html
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-informasi.html
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Regina Pakasi, Edwin Wantah, Jerry Wuisang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.