PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DIKELAS VII SMP KRISTEN

Authors

  • Henry Tamboto Universitas Negeri Manado
  • Listriyanti Palangda Universitas Negeri Manado
  • Natasya Prisilya Kaawan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11623

Keywords:

Problem Based Learning, creative thingking

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. PBL adalah pendekatan pembelajaran yang mengutamakan penyelesaian masalah sebagai metode utama dalam memperoleh pengetahuan, yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kreatif yang mengukur aspek-aspek fluensi, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL dibandingkan dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional ini mengindikasikan bahwa penerapan model PBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama dalam konteks pembelajaran di sekolah menengah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan praktik pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif di tingkat pendidikan.

Kata Kunci: Problem Based Learning, berpikir kreatif,

 

ABSTRACT This study aims to analyze the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model to students’ creative thinking skills. PBL is a learning approach that prioritizes problem solving as the main method in gaining knowledge, which is believed to improve students’ creative thinking skills. This study used an experimental method with a pretest-posttest control group design. The subjects of the study were grade VII student of tomohon christian middle school who were divided into two groups, namely the experimental group that applied the PBL model and the control group that used conventional learning. The instrument used in this study was a creative thingking test that measured aspects of fluency,flexibility,originality,and elaboration. The results showed that there was a significant increase in the creative thingking skills of the students who participated in learning using the PBL model compared to the grup that participated in conventional learning. These findings indicate that the application of the PBL model can be an effective strategy in developing students’ creative thinking skills, especially in the context of learning in secondary schools. This study provides implications for the development of more innovative and creative learning practices at the educational level.

Keywords: Problem Based Learning, creative thingking.

References

Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2016, February). Eksplorasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada pembelajaran matematika setting problem based learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 478-489).

Babangan, I., Kawatu, F., Sakul, A., & Tiwow, G. (2023). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI I BIAK BARAT TAHUN

AJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 16-21.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Ginting, Shelvia Ardani Br, Sjeddie Watung, and Agnes Rooroh. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 2

TONDANO." Jurnal Pendidikan Ekonomi 8.1 (2023).

Hastawan, I., Suryandari, K. C., & Ngatman, N. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3).

Kandori, I. (2025). Comparative Study of Problem-Based and Project-Based Learning on Economic Learning Outcomes in Classes XA and XB at State High School 2 Tondano. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 9(1), 165–182. https://doi.org/10.29240/jsmp.v9i1.13155

Kurniawan, P . (2018). Hubungan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mahasiswa. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(2)

Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2018). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115-123.

Ningrum, I. P., & Marsinun, R. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8205-8214.

Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149-156.

Oktaviani, I., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 535-546.

Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

SISWA DI KELAS XA DAN XB SMA NEGERI 1 TOMPASO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119.

Poluan, F. F., Sumual, T. M., Wantah, E., & Wuisang, J. (2023). Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbantukan Aplikasi Canva Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ratahan. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 61-66.

Rahmatilah, Y. S. B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Islam Al Amin Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(2), 54-62.

Rooroh, A., Slat, F., & Tamboto, H. J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Tentang Materi Kebutuhan Manusia Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 DONDO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 87-100.

SUHAR, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 53-61.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285-293.

Zaura, B., Arifin, M., & Syahjuzar, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Peluang, 8(2), 11-16.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Tamboto, H. ., Palangda , L., & Kaawan, N. P. . (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DIKELAS VII SMP KRISTEN . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11623

Issue

Section

Articles