PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBELM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS DI KELAS 8 SMP KATOLIK SANTA THERESIA MALALAYANG

Authors

  • Maria Lasut PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Sri Purwaningsih PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Dolly Watania PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8150

Keywords:

Motivation, Problem Based Learning

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik rendah di SMP Katolik Santa Theresia Malalayang (ii) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya motivasi belajar peserta didik rendah (iii) Untuk mengetahui bentuk penanganan motivasi belajar peserta didik rendah. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPS telah terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik di kelas 8 SMP Katolik Santa Theresia Malalayang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran IPS kelas 8 SMP Katolik Santa Theresia Malalayang. Dengan demikian maka penulis merekomendasikan model pembelajaran Problem Based Learning menjadi salah satu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif tetap diterapkan di lingkungan persekolahan Santa Theresia Malalayang-Manado.

Kata Kunci : Motivasi, Problem Based Learning

 

 

 

ABSTRACT

The aims of this research are (i) To find out the description of low student learning motivation at Santa Theresia Malalayang Catholic Middle School (ii) To find out the factors that cause low student learning motivation (iii) To find out forms of handling low student learning motivation . The results of the research concluded that after implementing the Problem Based Learning learning model in social studies lessons there had been an increase in students' learning motivation in class 8 of Santa Theresia Malalayang Catholic Middle School. This shows that the Problem Based Learning learning model is very effective and efficient in increasing students' learning motivation in grade 8 social studies at Santa Theresia Catholic Middle School, Malalayang. Thus, the author recommends that the Problem Based Learning model be one of the innovative and creative learning models that continues to be applied in the Santa Theresia Malalayang-Manado school environment.

Keywords: Motivation, Problem Based Learning

References

https://kumparan.com/berita-terkini/6-penyebab-motivasi-belajar-rendah-yang-perlu-dipahami-siswa-1yonEFcTMXB/full

https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-model-pembelajaran-menurut-para-ahli-beserta-ciri-dan-contohnya-1vFWkJ68iIV

Wlodsowski R.J & Jaynes J.H. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Budiningsih, C.Asri.( 2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid,Abdul (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prayitno. (2009). Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Lasut, M., Purwaningsih, S., & Watania, D. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBELM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS DI KELAS 8 SMP KATOLIK SANTA THERESIA MALALAYANG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 233–244. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8150