UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KETERKAITAN HUBUNGAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN BAITANI LAPANGAN

Authors

  • Aneke Rawung PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Amelda Sakul PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Gilly Tiwow UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8692

Keywords:

Entrepreneurship], Creative, Learning

Abstract

ABSTRAK

 

Sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata- rata pelajaran IPS siswa kelas VIII adalah 66,67. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai hasil belajar siswa rata-ratanya adalah 72,89. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi meningkat  yaitu 89,48. Sebelum dilakukan tindakan kategori rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 44 % dari 27 siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa masih berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 56 % dari 27 siswa. Pada siklus II setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut sebagai hasil refleksi siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan tingkat ketuntasan 93 %, dengan jumlah kelulusan 25 siswa dari total jumlah 27 siswa.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Kreatif, Pembelajaran

 

ABSTRACT

Before the action was implemented, the average social studies score for class VIII students was 66.67. After taking action in cycle I, the average student learning outcome value was 72.89. Furthermore, in cycle II the average student learning outcomes increased, namely 89.48. Before the action was carried out, the average student learning outcomes were in the low category with a completion level of 44% from 27 students. In the first cycle, after taking action, student learning outcomes were still in the low category with a completion level of 56% for 27 students. In cycle II, after carrying out further action as a result of reflection in cycle I, student learning outcomes were in the medium category with a completion rate of 93%, with 25 students graduating out of a total of 27 students.

Keywords: Entrepreneurship, Creative, Learning

 

References

Ahmadi. (2002). Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium III. Kanisius; Yogyakarta.

Arikunto,S. (2008). â€Penelitian Tindakan Kelasâ€. Bina Aksara; Jakarta.

Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta; Jakarta.

Depdiknas, (2006) â€Pedoman Pengembangan Model Model Pembelajaran Di SMPâ€, Direktorat PMPTK Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas, (2008). †Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) SMPâ€, Dirjen Dikdasmen Dir,Pembinaan SMK, Jakarta.

Ibrahim,R. & Syaodidih, S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Depdiknas & Reneka Cipta; Jakarta.

Mouly, George, J. (1973), Psychology for effective teaching, Newyork Holt Rineehalt and Winston. Purwanto,N. (1990). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya; Bandung.

Setyawati, Suci. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswaâ€

Slameto., (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Suwarni,N. (2006). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pemecahan Masalah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Medanâ€, Makalah, SMP Negeri 1 Medan, Medan.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silberman, Melvin. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slamet. 1989. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Rawung, A., Wuisang, J., Sakul, A., & Tiwow, G. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KETERKAITAN HUBUNGAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN BAITANI LAPANGAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 63–72. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8692