PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJAOGURU DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

Authors

  • Faila Umi Risna Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Tutut Suryaningsih Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3681

Keywords:

Teacher Performance, Managerial, Leadership Style

Abstract

Abstrak

Permasalahan utama ini gurundituntut untukOmemiliki_kemampuan kompeten sehinggaNmampu mengajar danNmembimbingApeserta dididik untuk keberhasilan tujuan pendidikan. Oleh karenaOitu kinerjaOseorang guru perlu ditingkatkanOdengan cara memberi pembinaanNdan pengembanganAprofesiAguru yang bertujuanNmeningkatkan kinerjaGguru yang optimal. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan populasi sebesar 93 anggota. Teknik pengambilan data sampelNyaitu denganNteknik Simple RandomNSampling sejumlah 50 anggota. PengumpulanBdataOyang digunakan adalahAmetodeAkuisioner berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji intrumen penelitian,uji prayarat analisis, uji keberhasilan koefisien regresi, pengujian hipotesis statistik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan nilai tNhitung. (2.632) > tNtabel (2.01174) danNnilai Signifikansi 0,011N>N0,05 maka H01 ditolak dan H11 diterima, berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Oleh hasil nilai t hitung (0,885) < t tabel (2.01174) dan nilai Signifikansi 0,381 > 0,05 maka H12 ditolak dan H02 diterima, berarti tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan managerial kepala sekolah terhadapNkinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Berdasarkan hasil uji FNdapat disimpulkanNbahwa terdapatNpengaruh positif danNsignifikan dariNvariabel gaya kepemimpinan transformasional dan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung, hal ini berdasarkan nilai FNhitung (10,434) > F tabel (3,19)  an nilaiNSignifikan 0,000 < 0,05 maka H03 ditolak dan H13 diterima.  

Kata-kunci: KinerjaoGuru, Managerial, Gaya Kepemimpinan

 

AbstractThe main problem is thatateachers have the ability to_be ableEto teach andAguide students to achieve educational goals. Therefore, teacher performance needs to be improved by providing guidance and teacher development aimed at improving optimal teacher performance. ThisOresearchOmethod usesOquantitative associative researchOmethods withOa populationOof 93 members. The data sampling technique is the Simple Random Sampling technique with a total of 50 members. The data collection_used isAa questionnaire method in theOform of aAquestionnaire. The analytical method used is the research instrument test, prayer analysis test, regression coefficient successAtest, statistical hypothesis testing. The results showed that: Based on the value of t arithmetic (2.632) > ttable (2.01174) and a significance value of 0.011 > 0.05, H01 was rejected and H11 was accepted, meaning that there is a positive and significant effect of transformational leadership style on teacher performance at SMKN 2 Tulungagung; Based on the results of the t-count (0.885) < ttable (2.01174) and the significance value 0.381> 0.05, H12 is rejected and H02 is accepted, there is no positive and significant effect of principal managerial onNteacher performanceNat SMKN 2 Tulungagung; Based on theNresults of the F test, it canNbe found that there is a positiveNand significant effect of theNtransformational leadershipNstyle and principalNmanagerial variablesNon teachernperformance at SMKN 2 Tulungagung, this is based on theNcalculated F value (10.434) > F table (3.19) and the Significant value is 0.000 <0.05Nthen H03 is rejected and H13 isNaccepted.

Keywords: Teacher Performance, Managerial, Leadership Style.

 

 

References

Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 149–154.

Anggraeni, A. D. (2017). Pengaruh Persepsi Atas Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 251–264.

Avandi, N., Aminin, S., & Suseno, N. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 1(1), 12–19.

Franky, & Savira, R. (2021). Pengaruh Program Sertifikasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(2), 11–17. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.61

Gani, A. A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21976

Hanisah, N., & Rosyid, R. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional manajer terhadap kinerja karyawan di koperasi karyawan angkasa pura pontianak.

Jufrizen, J., & Lubis, A. S. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 41–59. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4874

Miyono, N., & Taukhid, H. (2019). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 87. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.1787

Muslimin, A., & Nursasongko, R. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dasar Terhadap Kinerja Guru. Manager Pendidikan, 13. https://doi.org/10.31227/osf.io/3u79h

Purnama, D. W. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Kinerja Sekolah Di Smp Negeri Se-Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 187–193.

Purwanti, L. D., & Cahyoadi, B. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru (Studi Pada Guru Smk Daerah Pinggiran Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 37–46.

Purwati, A. A., & Wijaya, I. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Integritas, Kompetensi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Golden Riau Jaya Pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 16(2), 132. https://doi.org/10.24014/sitekin.v16i2.10443

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 10. Retrieved from

http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Rustamaji, A. C. P., Purwana, D., & Yohana, C. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 148–161. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.3

Soedarmo, U. R., & Herman, M. (2017). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah : Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 99–106.

Soetopo, I., Kusmaningtyas, A., & Andjarwati, T. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Smk Negeri 1 Tambelangan Sampang. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 5(02). https://doi.org/10.30996/jmm.v5i02.1947

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Additional Files

Published

2021-12-28

How to Cite

Risna, F. U. ., Kandori, I., & Suryaningsih, T. . (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJAOGURU DI SMKN 2 TULUNGAGUNG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 420-428. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3681

Issue

Section

Articles