PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJAOGURU DI SMKN 2 TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3681Keywords:
Teacher Performance, Managerial, Leadership StyleAbstract
Abstrak< strong>< p>
Permasalahan utama ini gurundituntut untukOmemiliki_kemampuan kompeten sehinggaNmampu mengajar danNmembimbingApeserta dididik untuk keberhasilan tujuan pendidikan Oleh karenaOitu kinerjaOseorang guru perlu ditingkatkanOdengan cara memberi pembinaanNdan pengembanganAprofesiAguru yang bertujuanNmeningkatkan kinerjaGguru yang optimal Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan populasi sebesar 93 anggota Teknik pengambilan data sampelNyaitu denganNteknik Simple RandomNSampling sejumlah 50 anggota PengumpulanBdataOyang digunakan adalahAmetodeAkuisioner berupa angket Metode analisis yang digunakan adalah uji intrumen penelitian uji prayarat analisis uji keberhasilan koefisien regresi pengujian hipotesis statistik Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan nilai tNhitung < sub> 2 632 gt; tNtabel < sub> 2 01174 danNnilai Signifikansi 0 011N gt;N0 05 maka H0< sub>1< sup> ditolak dan H1< sub>1< sup> diterima berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Oleh hasil nilai t hitung < sub> 0 885 lt; t tabel < sub> 2 01174 dan nilai Signifikansi 0 381 gt; 0 05 maka H1< sub>2< sup> ditolak dan H0< sub>2 < sup>diterima berarti tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan managerial kepala sekolah terhadapNkinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Berdasarkan hasil uji FNdapat disimpulkanNbahwa terdapatNpengaruh positif danNsignifikan dariNvariabel gaya kepemimpinan transformasional dan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung hal ini berdasarkan nilai FNhitung< sub> 10 434 gt; F tabel< sub> 3 19 nbsp;an nilaiNSignifikan 0 000 lt; 0 05 maka H0< sub>3< sup> ditolak dan H1< sub>3< sup> diterima nbsp;< p>
Kata< strong> < strong>kunci< strong>:< strong> KinerjaoGuru Managerial Gaya Kepemimpinan< p>
nbsp;< p>
Abstract< strong>The main problem is thatateachers have the ability to_be ableEto teach andAguide students to achieve educational goals Therefore teacher performance needs to be improved by providing guidance and teacher development aimed at improving optimal teacher performance ThisOresearchOmethod usesOquantitative associative researchOmethods withOa populationOof 93 members The data sampling technique is the Simple Random Sampling technique with a total of 50 members The data collection_used isAa questionnaire method in theOform of aAquestionnaire The analytical method used is the research instrument test prayer analysis test regression coefficient successAtest statistical hypothesis testing The results showed that: Based on the value of t arithmetic 2 632 gt; ttable 2 01174 and a significance value of 0 011 gt; 0 05 H01 was rejected and H11 was accepted meaning that there is a positive and significant effect of transformational leadership style on teacher performance at SMKN 2 Tulungagung; Based on the results of the t count 0 885 lt; ttable 2 01174 and the significance value 0 381 gt; 0 05 H12 is rejected and H02 is accepted there is no positive and significant effect of principal managerial onNteacher performanceNat SMKN 2 Tulungagung; Based on theNresults of the F test it canNbe found that there is a positiveNand significant effect of theNtransformational leadershipNstyle and principalNmanagerial variablesNon teachernperformance at SMKN 2 Tulungagung this is based on theNcalculated F value 10 434 gt; F table 3 19 and the Significant value is 0 000 lt;0 05Nthen H03 is rejected and H13 isNaccepted < p>
Keywords: < strong>Teacher Performance Managerial Leadership Style < p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
References
Amanda M O Salam R Saggaf S 2017 Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu Ilmu Sosial 2 149 154
Anggraeni A D 2017 Pengaruh Persepsi Atas Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Jurnal Ilmiah Kependidikan 4 3 251 264
Avandi N Aminin S Suseno N 2021 Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan 1 1 12 19
Franky Savira R 2021 Pengaruh Program Sertifikasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Al Mubin; Islamic Scientific Journal 2 2 11 17 https: doi org 10 51192 almubin v2i2 61
Gani A A 2020 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bisma: Jurnal Manajemen 5 1 9 16 https: doi org 10 23887 bjm v5i1 21976
Hanisah N Rosyid R 2017 Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional manajer terhadap kinerja karyawan di koperasi karyawan angkasa pura pontianak
Jufrizen J Lubis A S P 2020 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderating Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3 1 41 59 https: doi org 10 30596 maneggio v3i1 4874
Miyono N Taukhid H 2019 Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 13 1 87 https: doi org 10 26877 mpp v13i2 1787
Muslimin A Nursasongko R 2019 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dasar Terhadap Kinerja Guru Manager Pendidikan 13 https: doi org 10 31227 osf io 3u79h
Purnama D W 2016 Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Kinerja Sekolah Di Smp Negeri Se Kabupaten Subang Jurnal Penelitian Pendidikan 16 2 187 193
Purwanti L D Cahyoadi B 2021 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru Studi Pada Guru Smk Daerah Pinggiran Kabupaten Tulungagung Jurnal Pendidikan Ekonomi 14 1 37 46
Purwati A A Wijaya I 2019 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Integritas Kompetensi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Golden Riau Jaya Pekanbaru Jurnal Sains Teknologi Dan Industri 16 2 132 https: doi org 10 24014 sitekin v16i2 10443
Putri A D K Imaniyati N 2017 Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 2 10 Retrieved from
http: ejournal upi edu index php jpmanper article view 00000
Rustamaji A C P Purwana D Yohana C 2017 Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis JPEB 5 2 148 161 https: doi org 10 21009 jpeb 005 2 3
Soedarmo U R Herman M 2017 Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah : Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Indonesian Journal of Education Management Administration Review 1 2 99 106
Soetopo I Kusmaningtyas A Andjarwati T 2019 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Karakteristik Individu Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Smk Negeri 1 Tambelangan Sampang JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen 5 02 https: doi org 10 30996 jmm v5i02 1947
Sulfemi W B 2020 Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 2 157 179 https: doi org 10 31538 ndh v5i2 557

ÂÂÂÂÂ