PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS 7 PADA SMPN 2 SANGGALAGI SATAP

Authors

  • Veronika Nely Bunga PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Julius Elean PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jetty D. Lempas UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8172

Keywords:

interest in learning, problem based learning

Abstract

ABSTRAK

Metode konvensional yang  susdah lama digunakan oleh pendidik tidak dapat membantu siswa untuk menghadapi tantangan dan kemajuan sesuai perkembangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Kelas VII SMPN 2 SANGGALAGI SATAP Pada Materi kegiatan ekonomi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII  yang berjumlah 20 orang siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan/perlakuan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil angket minat belajar siswa dan data observasi pelaksanaan dengan penerapan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi kegiatan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan minat belajar dengan perolehan persentase pada siklus I 76,3 % dan pada siklus II 89 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII SMPN2 Sanggalagi Satap  pada materi kegiatan ekonomi masyaeakat

Kata kunci: minat belajar, problem based learning (PBL)

 

 

 

ABSTRACT

Conventional methods that have been used by educators for a long time cannot help students to face challenges and progress according to development. The aim of the research is to determine whether the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can increase students' interest in learning in Class VII of SMPN 2 SANGGALAGI SATAP on the subject of community economic activities. This research is classroom action research (PTK). The research subjects were 20 class VII students on the subject of community economic activities in the odd semester of the 2023/2024 academic year. The research consists of two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, action/treatment, observation and reflection. Data collection techniques use descriptive methods. The data analysis techniques used are data from student interest questionnaire results and implementation observation data using the PBL learning model. The results of the research showed that the application of the problem based learning (PBL) learning model to the material on community economic activities experienced an increase in interest in learning with a percentage gain in cycle I of 76.3% and in cycle II of 89%. Based on the research results obtained, it can be concluded that the PBL learning model can increase the learning interest of Class VII students at SMPN 2 Sanggalagi Satap in the material of community economic activities.

Keywords: interest in learning, problem based learning (PBL)

 

 

References

Barrell. (2007). Problem-Based Learning An Inquiry approach. California, US. Corwin Pres

Hartati et al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Pare Pare.

Maulidiana, Meita Fitrianawati & Rahya. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema 2 Materi Organ Pernafasan Hewan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Nisam Antara. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan

Rizal. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019) (SKRIPSI tidak dipublikasikan). Universitas Jember, Jember.

Rusmin & Natalia. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. E-Proceedings (ung.ac.id) Vol 1, No 1

Saputro, A. O, dan Theresia Sri Rahayu. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185-193. Tersedia dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719/15020. Diakses pada tanggal 30 September

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Williams R, Macdermid J & Wessel J (2003). Student adaptation to problem-based learning in an entry-

level master’s physical therapy program. Physiotherapy Theory and Practice, 19:199-212

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Bunga, V. N., Taroreh, J., Elean, J., & Lempas, J. D. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS 7 PADA SMPN 2 SANGGALAGI SATAP. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 219–227. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8172