Penerapan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Keaktifan Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X AKL1 SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3735Keywords:
E-Learning, Active Learning, MoodleAbstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan e-learning berbasis moodle dalam keaktifan belajar pada pelajaran ekonomi bisnis kelas XAKL1 di SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekakan kualitatif, dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengambilan data dengan melalukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Tulungagung, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 2 guru ekonomi bisnis OTKP dan AKL serta 37 peserta didik XAKL1. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan e-learning ada tiga bagian yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam bentuk-bentuk keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini disebabkan karena adanya tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e-learning yaitu sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan aplikasi e-learning.
Kata Kunci : E-Learning, Moodle, Keaktifan Belajar
ABSTRACT
This study aims to determine the application of moodle-based e-learning in active learning in business economics class XAKL1 at SMKN 2 Tulungagung. This study uses a qualitative approach, with a descriptive type of research. Data collection techniques by doing observation, interviews, and documentation. This research was conducted at SMKN 2 Tulungagung, and the subjects in this study were 1 vice-principal of the curriculum section, 2 OTKP and AKL business economics teachers, and 37 XAKL1 students. The qualitative data were analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it was found that in learning activities with the application of e-learning there were three parts, namely preparation, implementation, and evaluation. In the forms of students, learning activities can not be fully achieved in accordance with the indicators of active learning. This is due to three factors that influence the success of e-learning implementation, namely human resources (HR), infrastructure, and e-learning applications.
Keywords: E-Learning, Moodle, Active Learning
References
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Pt Remaja Rosdakarya.
Darmika, I. P., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2),
Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran E-Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik. Jurnal Infomatika Upgris, 1, 42–48. Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Jiu/Article/View/808
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/Ithet.2016.7760744
Muslimah, T., & Fauziah, A. N. M. (2021). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 234–241.
Nur Jannatu Na’imah, S. Dan S. W. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574.
Sandi, G. (2015). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3).
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.Pdf
Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310
Sudirman. (2018). Interkasi dan motivasi belajar mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT.Remaja Rosdakarya.
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Pt Remaja Rosdakarya.
Darmika, I. P., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 2.
Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran E-Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik. Jurnal Infomatika Upgris, 1, 42–48. Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Jiu/Article/View/808
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/Ithet.2016.7760744
Muslimah, T., & Fauziah, A. N. M. (2021). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 234–241.
Nur Jannatu Na’imah, S. Dan S. W. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574.
Sandi, G. (2015). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3).
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.Pdf
Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310
Sudirman. (2018). Interkasi dan motivasi belajar mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT.Remaja Rosdakarya.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurhidayatus Solekah, Naila Riza Umami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.