Penerapan E Learning Berbasis Moodle Dalam Keaktifan Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X AKL1 SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020 2021

Authors

  • Nurhidayatus Solekah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Naila Riza Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3735

Keywords:

E-Learning, Active Learning, Moodle

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan e learning berbasis moodle dalam keaktifan belajar pada pelajaran ekonomi bisnis kelas XAKL1 di SMKN 2 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekakan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif Teknik pengambilan data dengan melalukan observasi wawancara dan dokumentasi Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Tulungagung dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 wakil kepala sekolah bagian kurikulum 2 guru ekonomi bisnis OTKP dan AKL serta 37 peserta didik XAKL1 Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan e learning ada tiga bagian yaitu persiapan pelaksanaan dan evaluasi Dalam bentuk bentuk keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar Hal ini disebabkan karena adanya tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e learning yaitu sumber daya manusia SDM sarana prasarana dan aplikasi e learning < p>

Kata Kunci< strong> : E Learning Moodle Keaktifan Belajar< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study aims to determine the application of moodle based e learning in active learning in business economics class XAKL1 at SMKN 2 Tulungagung This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research Data collection techniques by doing observation interviews and documentation This research was conducted at SMKN 2 Tulungagung and the subjects in this study were 1 vice principal of the curriculum section 2 OTKP and AKL business economics teachers and 37 XAKL1 students The qualitative data were analyzed using data reduction data presentation and drawing conclusions Based on the results of the study it was found that in learning activities with the application of e learning there were three parts namely preparation implementation and evaluation In the forms of students learning activities can not be fully achieved in accordance with the indicators of active learning This is due to three factors that influence the success of e learning implementation namely human resources HR infrastructure and e learning applications < p>

Keywords< strong>: E Learning Moodle Active Learning< p>

References

Darmawan D 2014 Pengembangan E Learning Teori Dan Desain Pt Remaja Rosdakarya

Darmika I P Gunatama G Sutama I M 2017 Penggunaan E Learning Dalam Pembelajaran Bahasa E Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7 2

Handayanto A Supandi R Ariyanto L 2015 Pembelajaran E Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik Jurnal Infomatika Upgris 1 42 48 Http: Journal Upgris Ac Id Index Php Jiu Article View 808

Lase D 2019 Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4 0 Journal Sunderman 1 1 28 43 10 1109 Ithet 2016 7760744

Muslimah T Fauziah A N M 2021 Penerapan Media E Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pensa: E Jurnal Pendidikan Sains 9 2 234 241

Nur Jannatu Na imah S Dan S W 2016 Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9 2 1566 1574

Sandi G 2015 Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 45 3

Shidiq U Choiri M 2019 Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan In Journal Of Chemical Information And Modeling Vol 53 Issue 9 Http: Repository Iainponorogo Ac Id 484 1 METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN Pdf

Silahuddin S 2015 Penerapan E Learning dalam Inovasi Pendidikan CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1 1 48 59 https: doi org 10 22373 crc v1i1 310

Sudirman 2018 Interkasi dan motivasi belajar mengajar PT Raja Grafindo Persada

Sudjana N 2013 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar PT Remaja Rosdakarya

Darmawan D 2014 Pengembangan E Learning Teori Dan Desain Pt Remaja Rosdakarya

Darmika I P Gunatama G Sutama I M 2017 Penggunaan E Learning Dalam Pembelajaran Bahasa E Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7 2 2

Handayanto A Supandi R Ariyanto L 2015 Pembelajaran E Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik Jurnal Infomatika Upgris 1 42 48 Http: Journal Upgris Ac Id Index Php Jiu Article View 808

Lase D 2019 Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4 0 Journal Sunderman 1 1 28 43 10 1109 Ithet 2016 7760744

Muslimah T Fauziah A N M 2021 Penerapan Media E Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pensa: E Jurnal Pendidikan Sains 9 2 234 241

Nur Jannatu Na imah S Dan S W 2016 Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9 2 1566 1574

Sandi G 2015 Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 45 3

Shidiq U Choiri M 2019 Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan In Journal Of Chemical Information And Modeling Vol 53 Issue 9 Http: Repository Iainponorogo Ac Id 484 1 METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN Pdf

Silahuddin S 2015 Penerapan E Learning dalam Inovasi Pendidikan CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1 1 48 59 https: doi org 10 22373 crc v1i1 310

Sudirman 2018 Interkasi dan motivasi belajar mengajar PT Raja Grafindo Persada

Sudjana N 2013 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar PT Remaja Rosdakarya

Additional Files

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan E Learning Berbasis Moodle Dalam Keaktifan Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X AKL1 SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020 2021. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 40 51. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3735