PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Jolanda Johanes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Keywords:

Family Environment, Community Environment, Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Tondano. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Manado Yang Berjumlah 93 Siswa. Sedangkan Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 77 . Berdasrkan hasil penelitian Nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 57,71 artinya Fhitung Ftabel = Fhitung Ftabel = 57,713,12 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0,6084 atau 60,84% yang berarti bahwa Pengaruh antara varaibel Lingkungan Keluarga (X1) dan Lingkungan Masyarakat (X2) dengan hasil belajar (Y) memiliki Pengaruh yang kuat. Dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y = 9,54+ 0,40X1+0,37X2Nilai konstanta 9,54 artinya, jika Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat bernilai 0 atau tidak ada maka hasil belajar siswa akan berada pada nilai 9,54.

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Hasil Belajar Siswa.

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the influence of the family environment and community environment on student learning outcomes at SMA Negeri 2 Tondano. The population in this study were 93 students of class X SMA Negeri 2 Manado. While the sample in this study was 77 . Based on the research results, the obtained Fcount value is 57.71, meaning that Fcount > Ftable = Fcount > Ftable = 57.71> 3.12 at a significant level of 0.05 or 5%. The R square value is 0.6084 or 60.84% ​​which means that the relationship between the variables Family Environment (X1) and Community Environment (X2) with learning outcomes (Y) has a strong relationship. In this study, the regression equation Y = 9.54 + 0.40X1 + 0.37X2 has a constant value of 9.54, meaning that if interest and community environment are 0 or not, student learning outcomes will be 9.54.

Keywords: Family Environment, Community Environment, Student Learning Outcomes.

References

Sjedie Watung. 2022. Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XXV; Bandung: Afabeta.

Iwan kandori. ” Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas xi ips sma negeri 2 manado Literacy:JPE Vol.2 No.1 2021

Slameto. 2013. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.

Djuju Sujana. 1996. Peranan Keluarga Dalam Lingkungan Masyarakat, Bandung: Remaja Rosdakarya.

William J. Goode. 1995. Sosiologi Keluarga, Jakarta: Bumi Aksara.

Johny Tarore. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Smk N 1 Tumpaan.

Joubert M. Dame. 2022. Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano

Kamrani Buseri. 2016. Signifikansi Peran Keluarga Bagi Pendidikan Karakter: Keharusan Kultural dan Struktural, makalah disampaikan pada mata kuliah umum Pascasarjana STAIN Pontianak, 28 Januari 2012. Dalam Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mita Restiana. 2015. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Kretek Wonosobo”, Jurnal Oikonomia, Vol. IV, Nomor. 2.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neni Dirawati. 2011. “Pengaruh Lingkungan Masyarakat dan Sekolah Serta Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Genyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011”, skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Issue

Section

Articles