PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Jolanda Johanes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Keywords:

Family Environment, Community Environment, Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Tondano. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Manado Yang Berjumlah 93 Siswa. Sedangkan Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 77 . Berdasrkan hasil penelitian Nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 57,71 artinya Fhitung Ftabel = Fhitung Ftabel = 57,713,12 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0,6084 atau 60,84% yang berarti bahwa Pengaruh antara varaibel Lingkungan Keluarga (X1) dan Lingkungan Masyarakat (X2) dengan hasil belajar (Y) memiliki Pengaruh yang kuat. Dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y = 9,54+ 0,40X1+0,37X2Nilai konstanta 9,54 artinya, jika Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat bernilai 0 atau tidak ada maka hasil belajar siswa akan berada pada nilai 9,54.

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Hasil Belajar Siswa.

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the influence of the family environment and community environment on student learning outcomes at SMA Negeri 2 Tondano. The population in this study were 93 students of class X SMA Negeri 2 Manado. While the sample in this study was 77 . Based on the research results, the obtained Fcount value is 57.71, meaning that Fcount > Ftable = Fcount > Ftable = 57.71> 3.12 at a significant level of 0.05 or 5%. The R square value is 0.6084 or 60.84% ​​which means that the relationship between the variables Family Environment (X1) and Community Environment (X2) with learning outcomes (Y) has a strong relationship. In this study, the regression equation Y = 9.54 + 0.40X1 + 0.37X2 has a constant value of 9.54, meaning that if interest and community environment are 0 or not, student learning outcomes will be 9.54.

Keywords: Family Environment, Community Environment, Student Learning Outcomes.

References

Sjedie Watung. 2022. Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XXV; Bandung: Afabeta.

Iwan kandori. †Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas xi ips sma negeri 2 manado Literacy:JPE Vol.2 No.1 2021

Slameto. 2013. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinyaâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Djuju Sujana. 1996. Peranan Keluarga Dalam Lingkungan Masyarakat, Bandung: Remaja Rosdakarya.

William J. Goode. 1995. Sosiologi Keluarga, Jakarta: Bumi Aksara.

Johny Tarore. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Smk N 1 Tumpaan.

Joubert M. Dame. 2022. Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano

Kamrani Buseri. 2016. Signifikansi Peran Keluarga Bagi Pendidikan Karakter: Keharusan Kultural dan Struktural, makalah disampaikan pada mata kuliah umum Pascasarjana STAIN Pontianak, 28 Januari 2012. Dalam Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mita Restiana. 2015. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Kretek Wonosoboâ€, Jurnal Oikonomia, Vol. IV, Nomor. 2.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neni Dirawati. 2011. “Pengaruh Lingkungan Masyarakat dan Sekolah Serta Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Genyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011â€, skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182–190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Issue

Section

Articles