PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK N 1 TUMPAAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1738Keywords:
Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa smk n 1 tumpaan . Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 60 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga tehadap hasil belajar (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa Smk N 1 Tumpaan
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the family environment and the community environment on the learning outcomes of entrepreneurship subjects for the students of SMK N 1 Tumpaan. This research method is a survey method with a sample of 60 people. The technique used in data collection is a questionnaire (questionnaire) and documentation technique. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate: (1) There is a significant influence between the family environment on learning outcomes (2) There is a significant influence between the community environment on learning outcomes (3) There is a significant influence between knowing the influence of the family environment and community environment on the results learn entrepreneurship subjects for Smk N 1 Tumpaan students
Keywords: family environment, community environment, learning outcomes
References
Amri, Fahrul dkk. “Pengaruh Intelegensi, Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas X Di MAN 2
Pasaman, Jurnal Ilmu Pendidikan” http://ji.stkip-pgri-sumbar.ac.id, di akses 27 November 2018.
Muhlis, Muhammad. “Pengaruh Lingkun gan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan. Jurnal Ilmiah
Indonesia” Vol. 1, no. 4, dalam http://www.jurnal.syantaxliterate.co.id, diakses 26 November 2018.
Amri, Fahrul dkk. “Pengaruh Intelegensi, Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas X Di MAN 2
Pasaman, Jurnal Ilmu Pendidikan” http://ji.stkip-pgri-sumbar.ac.id, di akses 27 November 2018.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajaar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Gunarsa, 2009 . Pengertian keluarga
Mansur Asngari, 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Purworejo tahun 2014.
Sugiyono, 2009, 2015. Pengertian populasi dan sampel
Siregar Syofian. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Prenadamedia Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana Nana. 2004. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Johny Taroreh, Niny Makaliwe, Luis Ruusen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.