Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 7 Manado kelas XI IPS
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.641Keywords:
: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Kemandirian Belajar, Kemampan KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengethaui pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 7 Manado kelas XI IPS,pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa dan pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA N 7 MANADO KELAS XI IPS. Dengan sampel seratus dua puluh lima siswa. mengunakan alat analisis regresi.Hasil dari penelitian ini yaitu: Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA N 7 MANADO kelas XI IPS. Artinya, jika kemampuan berpikir tingkat tinggi seswa meningka maka kemampuan kognitif siswa juga akan meningkat.Terdapat pengaruh pengaru yang signifikan secara parsial kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA N 7 MANADO kelas XI IPS. Artinaya, jika kemandirian belajar siswa meningkat maka akan di ikuti oleh peningkatan kemampuan kognitif siswa.Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA N 7 MANADO kelas XI IPS. Artinya, jika kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar meningkat secara bersama-sama maka kemampuan kognitif siswa akan semakin baik.
References
Ahmadi & Uhbiyati, (1990:13)Kemandirian belajar, belajar mandiri, tidak menggantungkan diri kepada orang lain.
Gunawan, (2012:171) Kemampuan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di kkbi.kemdikbud.go.id/entri/religious. Diakses 1 November 2019
Kunarto, (2013)proses belajar mengajar
Siyoto dan Sodik ,(2015)Penelitian survey, penelitian yang bersifat kuantitatif, meneliti perilaku individu atau kelompok.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono , (2011:80) Populasi, wilayah generalisasi terdiri atas objek/subyek
Sudijono , (2013: 4)Kemampuan kognitif, penampilan-penampilan yang dapat diamati
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 CHINDANA M C OROH, Henry J. D. Tamboto, Sjedie R. Watung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.