PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Ferdina Putri Pradani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3443

Keywords:

Internet as a Learning Source, Learning Independence

Abstract

Abstract

The Effect of the Internet as a Source of Learning and Independent Learning on Understanding Economics Class X and XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Academic Year 2020/2021. The purpose of this study was to determine the effect of the internet as a source of learning and independent learning on the understanding of subject matter for students in class X and XI at SMA Jawaahirul Hikmah Besuki. The type of research used is quantitative with a survey approach. The results of this study are: (a). There is a partial influence between the independent variables of the internet as a learning resource (X1) on the understanding of economics subject matter (Y), namely tcount 3.858 > ttable 1.682 which means significant, (b). There is a partial effect between the independent variable learning independence (X2) on the understanding of economics subject matter (Y), namely tcount 3.359 > ttable 1.682 which means significant, and (c). There is a simultaneous influence of the independent variable of the internet as a learning resource (X1) and the independent variable of learning independence (X2) on the dependent variable of understanding economics subject matter (Y), namely fcount 19,419 > ftable 3,220 which means significant. Then the contribution given is 48.6% and the remaining 51.4% is influenced by other variables. The conclusion is that there is a partial influence on the internet as a learning resource (X1) on the understanding of economics subject matter (Y) and independent learning (X2) on the understanding of economics subject matter (Y) for students of class X and XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Academic Year 2020 /2021 with a contribution of 48.6%.

Keywords: Internet as a Learning Source, Learning Independence

 

 

 

Abstrak

Pengaruh Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Materi Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap oemahaman materi pelajaran siswa kelas X dan XI di SMA Jawaahirul Hikmah Besuki. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas internet sebagai sumber belajar (X1) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu thitung 3,858 > ttabel 1,682 yang berarti signifikan, (b). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas kemandirian belajar (X2) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu thitung 3,359 > ttabel 1,682 yang berarti signifikan, dan (c). Terdapat pengaruh secara simultan variabel bebas internet sebagai sumber belajar (X1) dan variabel bebas kemandirian belajar (X2) terhadap variabel terikat pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu fhitung 19.419 > ftabel 3,220 yang berarti signifikan. Kemudian kontribusi yang diberikan yaitu sebesar 48,6% dan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya. Kesimpulan yang dihasilkan adalah terdapat pengaruh secara parsial pada internet sebagai sumber belajar (X1) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) dan kemandirian belajar (X2) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) siswa kelas X dan XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Tahun Ajaran 2020/2021 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 48,6%.

Kata kunci: Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian Belajar  

 

References

Anggaretta, D. S. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Kelarga Ter-hadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015).

Ayu, A. C. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Internet Terhadap Pemahaman Materi pada Sub Tema Koperasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di SMAN 26 Bandung. http://repository.unpas.ac.id/30536/

Saputra, H. Y. (2020). Hubungan Antara Keyakinan Diri dan Perilaku Disiplin Belajar dengan Ke-mandirian Belajar Siswa SMK Kelas XI Se-Kecamatan Boja.

Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. 2, 99–103.

Simatupang, J. E., Mirza, R., & Akmal, M. El. (2019). Kemandirian belajar ditinjau dari kepercayaan diri. 8(2), 208–223.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv.

Wahyudi, J., Asriati, N., & Syahrudin, H. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Internet Tergadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS. 1–8.

Additional Files

Published

2020-06-28

How to Cite

Pradani, F. P. ., & Rindrayani , S. R. . (2020). PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TAHUN AJARAN 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3443

Issue

Section

Articles