PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7518Keywords:
Kata kunci: kedisiplinan,konsentrasi belajar, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh kedisiplinan dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 5 Manado. Metode penelitian ini menggunakan metode Survey dengan sampel siswa 86. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear ganda, dan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Terdapat pengaruh Kedisiplinan (X1) terhadap Hasil belajar siswa (Y) pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 5 Manado. X1 terhadap Y adalah sebesar 0,022 < 0,05. Dan nilai t hitung 2.338 < 1,999 t tabel. Terdapat pengaruh Konsentrasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar siswa (Y) pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 5 Manado. X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000< 0,05. Terdapat Pengaruh Kedisiplinan (X1) dan Konsentrasi Belajar Siswa (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 5 Manado X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,000< 0,05. Dan nilai t hitung 3.756 < 1,999 t tabel.
Kata kunci: kedisiplinan,konsentrasi belajar, hasil belajar
ABSTRACT
This study aims to see whether there is an effect of discipline and learning concentration on student learning outcomes at SMK Negeri 5 Manado. This research method uses a survey method with a sample of 86 students. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis methods, and simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study show (1) there is an influence of discipline (X1) on student learning outcomes (Y) in class X and XI students in accounting subject at SMK Negeri 5 Manado. X1 to Y is 0.022 <0.05. And the value of t count is 2.338 <1.999 t table. There is an effect of learning concentration (X2) on student learning outcomes (Y) in class X and XI students in Accounting subject at SMK Negeri 5 Manado. X1 to Y is 0.000 < 0.05. There is an influence of Discipline (X1) and Student Learning Concentration (X2) on Student Learning Outcomes (Y) in class X and XI students of Accounting subject at SMK Negeri 5 Manado X1 and X2 on Y is 0.000 < 0.05. And the value of t count is 3.756 <1.999 t table.
Keywords: discipline, study concentration, learning outcomes
References
Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 1 Modoinding. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067
Laloan, C., Dame, J. M., & Bakahosu, A. (2023). ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 44-52. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7065
S. T. P. Saputro, “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,” J. Pendidik. Akutansi Indones., vol. 10, no. 1, pp. 78–97, 2018.
M. Nurfitriyani, “Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus,” J. Form., vol. 4, no. 3, pp. 219–226, 2014.
H. W. J. Wadi, “Hubungan Kedisiplinan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Las Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang,” J. Pendidik. Tek. Mesin, 2019.
M. M. Sobri, “Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya,” J. Harmon. Sos., vol. 1, no. 1, pp. 43–56, 2019.
M. Khafid, “Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi,” Din. Pendidik., vol. 2, no. 2, 2018.
M. Nurfitriyanti, “Pengaruh Kreativitas Dan Kedisiplinan Mahasiswa,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 3, pp. 219–226, 2019.
W. A. Kurniawan, Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
P. Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Muhammad Sobri et al., “the Effect of Discipline and Autonomy Learning on the Learning Achievement in Economics Subject,” J. Harmon. Sos., vol. 1, no. 1, pp. 43–56, 2018.
N. Sumaatmaja, Konsep dasar IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2019.
I. Maja, “Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik di Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Orasi Bisnis, vol. 9, no. 3, pp. 1–10, 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Geril Horman; Joubert Dame, Feine Tulung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.