PENGARUH KECEMASAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 5 RAINIS
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12515Keywords:
learning outcomes, , learning anxiety, learning disciplineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar dan
kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kecemasan belajar dan kedisplinan belajar secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar
40,1%. Secara parsial, masing – masing variabel berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar.
References
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843.
Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346
Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391
Dr. Rusman, M. P. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar pendidikan. PT.Kharisma Putra Utama.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011
Kodirun. (2019). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu (The influence of learning anxiety towards mathematics learning outcomes of grade 10 of SMA Negeri 1 GU students. 25–36.
Kusnadi. (2015). Keperawatan Jiwa.
Laely, N., Wicaksono, A. S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(1), 64. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566
Mukholil. (2018). KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR Mukholil *). Kecemasan Dalam Proses Belajar, 8, 1–8.
Mustaqim, A. W. (2010). Psikologi Pendidikan.
Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317
Siyoto, S., & Soduk, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Teguh Triwiyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tirtania Sasea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.