PENGARUH KECEMASAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 5 RAINIS

Authors

  • Tirtania Sasea Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12515

Keywords:

learning outcomes, , learning anxiety, learning discipline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar dan
kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kecemasan belajar dan kedisplinan belajar secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar
40,1%. Secara parsial, masing – masing variabel berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar.

References

Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843.

Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391

Dr. Rusman, M. P. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar pendidikan. PT.Kharisma Putra Utama.

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Kodirun. (2019). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu (The influence of learning anxiety towards mathematics learning outcomes of grade 10 of SMA Negeri 1 GU students. 25–36.

Kusnadi. (2015). Keperawatan Jiwa.

Laely, N., Wicaksono, A. S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(1), 64. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566

Mukholil. (2018). KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR Mukholil *). Kecemasan Dalam Proses Belajar, 8, 1–8.

Mustaqim, A. W. (2010). Psikologi Pendidikan.

Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317

Siyoto, S., & Soduk, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Teguh Triwiyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Sasea, T. (2025). PENGARUH KECEMASAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 5 RAINIS. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 198–206. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12515

Issue

Section

Articles