PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI DESAIN PRODUK BARANG DAN JASA DI SMK NEGERI 3 MANADO

Authors

  • Green Christine Lapian PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Amelda Sakul PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Ch. Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8701

Keywords:

Project Based Learning, Learning Activities, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang dikembangkan oleh guru selalu menggunakan metode konvensional dan metode tersebut selalu diterapkan dalam semua pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa XI SMK Negeri 3 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menggunakan model  pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar peserta didik kelas XI Usaha Layanan Pariwisata SMK Negeri 3 Manado dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar antara siklus 1 dan siklus 2

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa XI Usaha Layanan Pariwisata pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi untuk aktivitas belajar dan pengamatan langsung menggunakan penilaian proyek untuk hasil belajar. Subjek penelitian berjumlah 12 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian belajar siswa meningkat dari 83% tuntas dan 17% tidak tuntas pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Untuk aktivitas belajar terjadi peningkatan dari 79,31% pada siklus I meningkat menjadi 85,79% pada siklus II.

Implikasi penelitian ini diharapkan kepada guru untuk mempertimbangkan penerapan penggunaan model pembelajaran Based Project dalam proses pembelajaran di kelas

Kata kunci : Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

 

ABSTRACT

The low learning outcomes of students are caused by the learning process developed by teachers always using conventional methods and these methods are always applied in all meetings. This research aims to improve the learning activities and learning outcomes of students at XI SMK Negeri 3 in the subjects of Creative Products and Entrepreneurship using the Project Based Learning learning model. This research is classroom action research which uses data collection methods using observation sheets and learning outcomes tests. Data analysis method using qualitative descriptive analysis. The results of this research show that the learning outcomes of class This is proven by the increase in learning outcomes between cycle 1 and cycle 2

This classroom action research was carried out in two cycles. The research subjects were students of XI Tourism Services Business in the Creative Products and Entrepreneurship subjects. Research data was collected by observation for learning activities and direct observation using project assessments for learning outcomes. The research subjects were 12 people. The data collected was analyzed using percentage techniques. Student learning research results increased from 83% complete and 17% incomplete in cycle I to 100% in cycle II. For learning activities, there was an increase from 79.31% in cycle I to 85.79% in cycle II.

The implications of this research are for teachers to consider implementing the use of the Project Based learning model in the classroom learning process

Keywords: Project Based Learning, Learning Activities, Learning Outcomes.

References

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568.

Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Msotivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Shoimin, Aris.2014. Kurikulum Program studi Pendidikan Akuntansi Univ. PGRI Palembang

Santoso, A. M., Setyowati, E., & Nurmilawati, M. (2011). Pembangunan Karakter Melalui Lesson Study Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, 8(1), 357 363.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993.

Resti, Y., Zulkarnain, Z., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu II Palembang. Seminar Nasional AVoER 2020, November 2020, 670–673.

Ria, H. Z., & Mukhibat, M. (2020). {Strategi} {Diferensiasi} {Dalam} {Pengembangan} {Madrasah}{Inspiratif} {Di} {Man} 2 {Ponorogo}. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 175– 188.

Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2012.

Yoshida, N., Matsuda, M., & Miyamoto, Y. (2021). Intercultural collaborative lesson study between Japan and Germany. International Journal for Lesson and Learning Studies, 10(3), 245–259. https://doi.org/10.1108/IJLLS-07-2020-0045.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Lapian, G. C. ., Wuisang, J., Sakul, A., & Manongko, A. C. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI DESAIN PRODUK BARANG DAN JASA DI SMK NEGERI 3 MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 145–155. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8701