PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X A DAN X B SMA NEGERI 1 TOMPASO

Authors

  • Sisilia Palar Universitas Negeri Manado
  • Henry J. Tamboto UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Ch. Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Tompaso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi-eksperimen atau termasuk dalam bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini melibatkan siswa kelas XA 25 orang siswa dan XB 25 orang siswa di SMA Negeri 1 Tompaso pada tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (Pretest dan Posttest). Hasil Penelitian data menunujukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar Ekonomi peserta didik setelah menggunakan model PBL dan PjBL pada mata pelajaran Ekonomi di Kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Tompaso, Nilai Pretest pada model PBL adalah 39.6 dan Posttest model PBL adalah 86.4, pada Model PjBL Nilai Pretest adalah 38.2 dan Nilai posttest adalah 84.6. Secara Keseluruhan, Problem Based Learning (PBL) menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dari Project Based Learning (PjBL) dari nilai pretest dan posttest. Perbandingan antara model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Tompaso.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL)

 

 

Abstract

This research aims to compare learning outcomes using problem based learning (PBL) and project based learning (PjBL) models against economic learning outcomes in classes XA and XB at SMA Negeri 1 Tompaso. This research uses quantitative methods with a quasi-experimental research design or includes a one-group pretest-posttest. This research sample involved 25 students in class XA and 25 students in class XB at SMA Negeri 1 Tompaso in the 2023/2024 academic year. Data collection was carried out through description tests (Pretest and Posttest). The results of the research data show a significant increase in students' economic learning outcomes after using the PBL and PjBL models in Economics subjects in Classes XA and Pretest is 38.2 and posttest score is 84.6. Overall, Problem Based Learning (PBL) shows a higher increase than Project Based Learning (PjBL) from pretest and posttest scores. Comparison between the Problem Based Learning (PBL) model and the Project Based Learning (PjBL) model, both of which have advantages and are able to improve the learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Tompaso.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL)

 

References

A. M., Aristiawan, & D. I. (2023). PROJECT BASED LEARNIN (PjBL) PERSPEKTF PROGRESIVISME DAN KONSTRUKTIVISME. 1-11.

A. M., J. L., & F. W. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK KRISTEN KAWANGKOAN. 4 (1), 75-85, 75-85.

B. H. (2019). Peran Kepemimpinan Spiritual dan media sosial pada rohani pemuda di gereja batak Karo protestan (GBKP) Cililitan. Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA.

G. P., R. S., & Z. R. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Vol. 8 No. 2, Desember 2020, 304-3014.

Hildayati, A. M., & Nurliani. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin. Vol.3 No. 2 (2023): 53-60.

I. A., & Y. S. (2022). DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN: LITERATUR REVIEW. Vol. 8, No.3, Agustus 2022, 2476-2482.

I. K., Y. T., & J. J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. 4 (1), 182-190, 182-190.

J. T., I. K., & R. M. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, 135-148.

Jamal M.Pd.I. (2020). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN (EMPAT RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN). Vol. 2, No. 1, 2020, pp. 14-23, 14-23.

Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 289-302.

Surono, E. T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 SUB TEMA 1 KEKAYAAN SUMBER ENERGI INDONESIA KELAS 4 SD NEGERI PATEMON 01. Volume 3 Nomor 3 Tahun 2019, 780-789.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X A DAN X B SMA NEGERI 1 TOMPASO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720

Issue

Section

Articles