PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS VII.C UPT SMP NEGERI 1 SUKAMAJU

Authors

  • Juita . PPG Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang PPG Universitas Negeri Manado
  • Noula Korengkeng PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8130

Keywords:

Problem Based Learning Model, Social Sciences, Learning Motivation, Students

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam rangka meningkatkan motivasi  belajar peserta didik . Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori-teori kependidikan, sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru-guru Mata Pelajaran IPS dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh peserta didik di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah semua peserta didik kelas VII,C UPT  SMP Negeri I Sukamaju sebanyak 20 peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 5 laki-laki, sampelnya diambil dari keseluruhan populasi.

Dari penelitian terhadap aspek-aspek tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam proses belajar mengajar di UPT SMP Negeri 1 Sukamaju dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas VII.C.

Kata Kunci: IPS, Model Problem Based Learning, Motivasi belajar, Peserta didik

 

ABSTRACT

The aim of this research is to determine the application of the problem based learning model in order to increase students' learning motivation. The benefits expected from this research include: practical benefits, namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories, while the theoretical benefits become input for the Education Department and input for social studies teachers in order to improve teaching competency.

This research uses the Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities are carried out, while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is all students in class VII, C UPT SMP Negeri I Sukamaju had 20 students consisting of 15 women and 5 men, the sample was taken from the entire population.

From the research on these aspects, it can be concluded that the application of the problem based learning model in the teaching and learning process at UPT SMP Negeri 1 Sukamaju can increase students' learning motivation in social studies subject material on economic activities in class VII.C.

Keywords: Social Sciences, Problem Based Learning Model, Learning Motivation, Students

References

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara Jakarta.

Agib Zainal, 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Insan Cendekia, Surabaya.

Dimyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Hakim Thursan, 2002. Belajar Secara Efektif, Puspa Swara, Jakarta.

Hayati Mimin, 2007. Model dan Teknik Penelitian, Ruang Persada Press, Jakarta.

Margono, S, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Majid Abud, 2006. Perencanaan Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Anshori. Nunung Isa. 2011. Makalah Pengertian Motivasi Belajar. Diakses melalui internet pada halaman situs http.//www.makalah:penegrtian motivasi belajar./html.

Siti Sumarni. 2005. Motivasi Pengajaran dalam Dunia Pendidikan. Makalah Pendidikan; diseminarkan pada simposium pendidikan tanpa keterangan tempat.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., J., Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS VII.C UPT SMP NEGERI 1 SUKAMAJU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 22–29. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8130