PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON

Authors

  • Vience Ursia PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Ferry Slat PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Niny Makaliwe UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8173

Keywords:

Learning Motivation, Problem Based learning model

Abstract

ABSTRAK

Dalam penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran based learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) kelas VII di SMP Negeri 3 Ambon pada tahun pelajaran 2023 – 2024 semester ganjil, penilitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. penelitian ini dilakukan dengan adanya kerjasama atau kolaborasi antara peneliti dengan siswa, Subjek penelitian siswa kelas VII  berjumlah 23 siswa yang terdiri dari perempuan = 12 dan laki – laki = 11 orang di SMP Negeri 3 Ambon. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. adapun prosedur penelitian yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interprestasi, analisis dan refleksi. dengan penggunaan model PBL ini motivasi belajar siswa sebesar 10,23 % pada siklus I sebesar 70,62 % dan di siklus ke II mengalami peningkatan ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) sebesar 92,16 % siswa begitu aktif dalam pembelajaran.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Model pembelajaran Problem Based learning

 

 

 

ABSTRACT

This research aims to increase students' learning motivation through the application of the based learning (PBL) learning model in class VII Social Sciences (IPS) subjects at SMP Negeri 3 Ambon in the 2023 - 2024 odd semester academic year, the research carried out is Classroom Action Research . This research was carried out with cooperation or collaboration between researchers and students. The research subjects were 23 class VII students consisting of 12 girls and 11 boys at SMP Negeri 3 Ambon. Data collection techniques use simple observation and questionnaires. The research procedures start from action planning, action implementation, observation and interpretation, analysis and reflection. by using this PBL model, student learning motivation was 10.23% in the first cycle, it was 70.62% and in the second cycle it increased when using the Problem Based Learning (PBL) learning model, 92.16% of students were very active in learning.

Keywords: Learning Motivation, Problem Based learning model

References

Uno, Hamzah B, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Adiputra, S, dan Mujiyati, M, 2017. Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta- Analisis, Konselor

Sunarti Rahman, 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal

M. Taufikq Amir, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta :Pranada Media Group, 2009

Arikunto, Suhardjono, 2006. Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT, Bumi Aksara

Padmono, Y, 2010. Kekurangan dan Kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi. Kompasiana.com

Lismaya L. 2019. Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning), Surabaya: Media

Sahabat Cendekia

Sumaatmadja, N., ddk. 2002. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Ursia, V. ., Manongko, A., Slat, F., & Makaliwe, N. (2025). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 228–236. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8173