PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN IPS TERPADU SMP GKST 2 TENTENA

Authors

  • Inggerid Tangkere PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8702

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Motivation

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS bagi siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning mata pelajaran IPS Terpadu di SMP GKST 2 Tentena. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan 3 siklus. Perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran mobilitas sosial dengan langkah-langkah berikut. a) Menyiapkan pernagkat pembelajaran seperti Modul Ajar dengan metode Problem Based Learning (PBL). b) Menyiapkan LKPD, soal evaluasi, dan media. Media yang digunakan adalah video pembelajaran untuk memperjelas materi mobilitas sosial. c) Selain itu peneliti menyiapkan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan kuesioner sebagai pengukur motivasi belajar siswa. Hasil Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII. Hasil yang diperoleh dari observasi guru dan siswa yang diperoleh peneliti dalam siklus I mendapatkan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan aktivitas guru pada siklus I didapatkan prosentase aktivitas guru pada pertemuan pertama adalah 90,85 % dengan kategori kemampuan guru dalam mengajar sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II didapatkan prosentase aktivitas guru adalah 93 % dengan kategori kemampuan guru dalam mengajar sangat baik. Sedangkan pada siklus III didapatkan prosentase aktivitas guru adalah 94% dengan kategori kemmapuan guru dalam mengajar sangat baik. Maka dari hasil pemaparan tersebut diperoleh hasil bahwa kemampuan mengajar guru dari siklus I, II, dan III mengalami peningkatan. Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar              Abstract This research aims to increase students' motivation to learn social studies by using the Problem Based Learning model for Integrated Social Sciences subjects at GKST 2 Tentena Middle School. This research is classroom action research, using 3 cycles. Planning a Problem Based Learning (PBL) learning model to increase student learning motivation in social mobility lessons with the following steps. a) Prepare learning tools such as Teaching Modules using the Problem Based Learning (PBL) method. b) Prepare LKPD, evaluation questions and media. The media used is a learning video to clarify social mobility material. c) Apart from that, the researcher prepared research instruments, namely observation sheets and questionnaires as a measure of student learning motivation. Results of Implementing the Problem Based Learning (PBL) Learning Model to Increase Class VIII Students' Learning Motivation. The results obtained from teacher and student observations obtained by researchers in cycle I obtained good results. This can be seen from observing teacher activities in cycle I. It was found that the percentage of teacher activity at the first meeting was 90.85% with the teacher's ability to teach being very good. Meanwhile, teacher activity in cycle II showed that the percentage of teacher activity was 93% with the teacher's ability to teach being very good. Meanwhile, in cycle III, the percentage of teacher activity was 94% with the teacher's ability to teach being very good. So from the results of this presentation, it was found that the teaching abilities of teachers from cycles I, II and III had increased. Keywords: Problem Based Learning, Learning Motivation

References

Arikunto, Suharsimi, Prof. Suhardjono, dan Prof. Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran.

Yogyakarta:Pustaka Belajar

Maulani, Wulan. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung Pada Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Bandung. (Online) http://repository.unpas.ac.id/6265/

Raharjo, Dwi dkk. 2020. Peningkatan Motivasi dan Persentasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah dasar negeri Bokaharjo, Kecamatan Prambanan,Kabupaten Sleman.(Online) http://eprints.uad.ac.id/21482/1/25.%20Dwi%20Raharjo%20%281361- 1373%29.pdf

Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiriaatmadja, Prof. Dr. Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Tangkere, I., Wuisang, J., & Kandori, I. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN IPS TERPADU SMP GKST 2 TENTENA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 156–169. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8702