PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN TEMATIK SMP SATAP NEGERI TAMPEMADORO

Authors

  • Obet Nego Patampang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Allen Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8705

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Motivation

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 3 siklus. Perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran tematik dengan langkah-langkah berikut. a) Menyiapkan pernagkat pembelajaran seperti RPP/ Modul dengan metode Problem Based Learning (PBL). b) Menyiapkan LKPD, soal evaluasi, dan media. Media yang digunakan adalah video pembelajaran untuk memperjelas materi organ pernapasan pada manusia. c) Selain itu peneliti menyiapkan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan kuesioner sebagai pengukur motivasi belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik dengan langkah-langkah sebagai berikut. a) Orientasi siswa terhadap masalah b) Mengorganisisasi siswa dalam belajar yaitu dengan meminta siswa untuk membaca teks bacaan. c) Penyajian Informasi yiatu siswa dapat menyajikan informasi dan mempersentasikan hasil diskusi secara berkelompok. d) Membimbing kegiatan Belajar Kelompok yaitu guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompok. e) Mengevaluasi hasil belajar yaitu guru memberikan soal evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa dalam materi pelajaran yang telah dipelajari.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar

 

 

Abstract

This research aims to increase students' learning motivation by using a problem based learning model. This research uses a classroom action research approach by carrying out 3 cycles.

Planning a Problem Based Learning (PBL) learning model to increase student learning motivation in thematic lessons with the following steps. a) Prepare learning tools such as lesson plans/modules using the Problem Based Learning (PBL) method. b) Prepare LKPD, evaluation questions and media. The media used is a learning video to explain the respiratory organs in humans. c) Apart from that, the researcher prepared research instruments, namely observation sheets and questionnaires as a measure of student learning motivation.

Application of the Problem Based Learning (PBL) learning model in thematic learning with the following steps. a) Orienting students towards problems b) Organizing students in learning, namely by asking students to read reading texts. c) Presentation of Information, namely students can present information and present the results of discussions in groups. d) Guiding group learning activities, namely the teacher guides students in carrying out group assignments. e) Evaluating learning outcomes, namely the teacher provides evaluation questions to determine students' understanding of the subject matter that has been studied.

Keywords: Problem Based Learning, Learning Motivation

 

References

Arikunto, Suharsimi, Prof. Suhardjono, dan Prof. Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran.

Yogyakarta:Pustaka Belajar

Maulani, Wulan. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung Pada Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Bandung. (Online) http://repository.unpas.ac.id/6265/

Raharjo, Dwi dkk. 2020. Peningkatan Motivasi dan Persentasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah dasar negeri Bokaharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. (Online) http://eprints.uad.ac.id/21482/1/25.%20Dwi%20Raharjo%20%281361- 1373%29.pdf

Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiriaatmadja, Prof. Dr. Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Patampang, O. N., Kandori, I., & Manongko, A. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN TEMATIK SMP SATAP NEGERI TAMPEMADORO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 189–192. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8705