MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X IPS 1 SMAN 7 LUWU TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Authors

  • Shanti Umar PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Dolly Watania PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8146

Keywords:

Interest in Learning,, Problem Based Learning

Abstract

 

ABSTRAK

“Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas X IPS SMAN 1 LUWU Tahun 2022-2023 â€Â. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas tersebut dilakukan dalam tiga siklus penelitian.

Peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya guru memberi respon, mengembangkan kreatifitas, mencermati kesalahan yang kerap dilakukan peserta didik, membiasakan secara tetap, serta memberikan berbagai arahan .

Kata Kunci :   Minat Belajar, Problem Based Learning

 

 

 

ABSTRACT

"Increasing Students' Interest in Learning in Economics Subjects Through the Problem Based Learning (PBL) Method in Class X IPS SMAN 1 LUWU 2022-2023". This type of research is classroom action research. This research was conducted in 4 stages, namely the planning stage, action implementation stage, observation stage, and reflection stage. The research subjects were students of class X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu.

The approach used in this research is a qualitative approach, while the research design used is classroom action research. The classroom action research design was carried out in three research cycles.

This improvement cannot be separated from the teacher's efforts to respond, develop creativity, pay attention to mistakes that students often make, get used to it regularly, and provide various directions.

Keywords: Interest in Learning, Problem Based Learning

 

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyani, Endang dan Nurcahyanto, Asep. 2017. Buku Ekonomi untuk Kelas XI SMA Kurikulum 2013. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Nurlita, Nella. 2021. Buku Ekonomi untuk SMA-MA Kelas XI Kurikulum 13. Bandung: Yrama Widya.

P2LPTK https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-

tindakan-kelas-ptk.html

https://irpan1990.wordpress.com/2011/08/11/metode-pembelajaran-diskusi-kelompok/

https://scholar.google.co.id/scholar?q=metode+pembelajaran+pbl&hl=id&as_sdt=0&as

Wlodsowski R.J & Jaynes J.H. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Budiningsih, C.Asri.( 2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid,Abdul (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prayitno. (2009). Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Umar, S., Kandori, I., & Watania, D. (2025). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X IPS 1 SMAN 7 LUWU TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 208–218. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8146