PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XII SMA NEGERI 1 MANADO

Authors

  • Tineke Taturu PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Brons Mambu PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8714

Keywords:

Problem Based Learning, Student Interests

Abstract

      ABSTRAK

Kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi materi Akuntansi Tahap Pencatatan Akuntasi Perusahaan Dagang pada kelas XII SMA Negeri 1 Manado  Tahun Pelajaran 2023/2024  maka Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  yaitu  dengan dua siklus pembelajaran .Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII  IPS 1 SMA Negeri 1 Manado Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui asesmen Diagnotik,Foematif dan sumatif ,angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah asesmen,angket dan portofolio . Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi  Belajar peserta didik pada pelajaran Ekonomi materi Akuntansi Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang, terbukti dari nilai Asesmen Diagnostik,formatif dan Sumatif pada materi Akuntansi sebelum dilakukan tindakan adalah 69,36 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 40,91%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 1,59  %  menjadi 70,95 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 61,90%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 93,86 dengan persentase  atau mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22,91 %

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Ekonomi materi  Akuntansi Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang mendapatkan respon baik dari siswa kelas XII IPS 1  SMA Negeri 1 Manado. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Ekonomi materi Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan minat peserta didik  pada materi  Akuntansi.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Minat Peserta Didik

 

 

ABSTRACT

The lack of student interest in the Economics subject, Accounting material, Trading Company Accounting Recording Stage in class

The type of classroom action research carried out is two learning cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects of this research were students of class XII IPS 1 SMA Negeri 1 Manado for the 2023/2024 academic year, consisting of 36 students. The data collection techniques used are through diagnostic, descriptive and summative assessments, questionnaires and documentation, while the research instruments used are assessments, questionnaires and portfolios. The data analysis used is quantitative descriptive data analysis techniques with percentages.

The results of the research show that: The Problem Based Learning Model can increase students' Learning Motivation in Economics lessons, Accounting material, Trading Company Accounting Recording Stage, as evidenced by the Diagnostic, Formative and Summative Assessment scores on Accounting material before action is taken, which is 69.36 with the percentage of KKM achieved. amounting to 40.91%, after taking action in cycle I the average value increased by 1.59% to 70.95 with a KKM achievement percentage of 61.90%. In cycle II the average student score increased to 93.86 with a percentage or increase from cycle I of 22.91%

The application of the Problem Based Learning Model in learning Economics material on Accounting in the Trading Company Accounting Recording Stage received a good response from class XII IPS 1 students at SMA Negeri 1 Manado. The results of this research indicate that the Problem Based Learning Model in Economics learning material at the Trading Company Accounting Recording Stage can increase students' interest in Accounting material.

Keywords: Problem Based Learning, Student Interests

 

References

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993.

Resti, Y., Zulkarnain, Z., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu II Palembang. Seminar Nasional AVoER 2020, November 2020, 670–673.

Ria, H. Z., & Mukhibat, M. (2020). {Strategi} {Diferensiasi} {Dalam} {Pengembangan} {Madrasah}{Inspiratif} {Di} {Man} 2 {Ponorogo}. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 175– 188.

Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2012.

Yoshida, N., Matsuda, M., & Miyamoto, Y. (2021). Intercultural collaborative lesson study between Japan and Germany. International Journal for Lesson and Learning Studies, 10(3), 245–259. https://doi.org/10.1108/IJLLS-07-2020-0045.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568.

Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Taturu, T., Wuisang, J., & Mambu, B. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XII SMA NEGERI 1 MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 253–265. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8714