PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI I BIAK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Isak Babangan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Freddy Kawatu PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Amelda Sakul PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Gilly Tiwow UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8125

Keywords:

learning outcomes, improvement, learning model

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar  siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus dilalui menjadi empat tahap penelitian, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; dan (4) Evaluasi dan Refleksi. Dalam peneltian ini subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Siswa kelas XI IPS 1 yang berisi 21 siswa dengan komposisi 15 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara berkolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dapat dilihat dari siswa yang memperoleh nilai lebih dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dapat dibuktikan sebelum adanya tindakan, presentase hasil belajar siswa hanya (19,04%), setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar siswa terlihat mencapai hasil (38,09%), dan setelah dilakukan tindakan siklus II menjadi (85,71%). Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata kunci: hasil belajar, peningkatan, model pembelajaran

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to determine whether the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can increase students' interest in studying in class XI IPS 1 in economic subjects at SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2022/2023 academic year. The research carried out was using the Classroom Action Research (PTK) method which was carried out over two cycles, each cycle passing into four research stages, namely: (1) Planning; (2) Implementation; (3) Observation; and (4) Evaluation and Reflection. In this research, the research subjects were all students of class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2023/2024 academic year. Class XI IPS 1 students contain 21 students with a composition of 15 female students and 6 male students. This research was carried out in collaboration with the class XI economics teacher. Data collection techniques use observation, interviews, documentation and tests. The results of this research show that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model shows an increase in learning outcomes in economics subjects which can be seen from students who get more scores than the minimum completeness criteria (KKM). It can be proven that before the action, the percentage of student learning outcomes was only (19.04%), after the first cycle actions were carried out the student learning outcomes were seen to have achieved (38.09%), and after the second cycle actions were carried out it was (85.71%). Based on research, it can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) learning model in economics subjects can improve the learning outcomes of class XI IPS 1 students at SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2022/2023 academic year.

Key words: learning outcomes, improvement, learning model

References

Apriliautami, W. 2018: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

https://eprints.uny.ac.id/59719/1/SKRIPSI_Wulan%20Apriliautami.pdf. Diakses pada tanggal 4 Oktobe 2022 pukul 03.21 WIB.

Arikunto, dan Suhardjono. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djumali, Hidayati. N. E., 2016. Metode edutainment humanizing the classroom dalam bentuk moving class terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan. 26(1), 1412-3835.

Hadinata, L.K., Utaya, S., Setyosari, P. 2017. Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dan Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas

IV. Jurnal Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 979-985. Harsono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Jasmine.

Khohar, M.A., Ruminiati., Munzil. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kandat Kediri. Jurnal Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1869- 1873.

Muti’ah. 2017: Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2016/2017: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/55953/6/. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2022 pukul 15.30 WIB.

Musfiqon. 2018. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta.

Prestasi Pustakarya.

Nuraini, A. 2019. Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Prawira Marta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/54115. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2022 pukul 09.26 WIB.

Rohmah. W., Rahmawati. 2018. Pengaruh kemandirian belajar dan presepsi kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi. Jurnal Pendidikan. Vol. 23 No. 1, 29-40.

Sudarto, dan Setiawati. Y., 2019. Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas unggulan ditinjau dari aspek pemilihan, motivasi belajar dan sarana penunjang pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 24(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Babangan, I., Kawatu, F., Sakul, A., & Tiwow, G. (2025). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI I BIAK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 16–21. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8125