MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XI SMAN 1 BOLANGITANG TIMUR

Authors

  • Rahmad Suratinojo PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Meike Mamentu PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Maura Rawung PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8167

Keywords:

Learning Motivation, Problem Learning Motivation

Abstract

 

ABSTRAK

          Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan minat belajar peserta didik dalammata pelajaran ekonomi  melalui model Problem Based Learning (PBL) pada kelas XI SMAN 1 Bolangitang Timur. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus.Pada Siklus 1 dan siklus 2 terdiri dari tahapan penelitian dibagi menjadi empat tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi, kemudian dilanjutkan ke siklus berikutnya.. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2022 dan 13 November 2022, di SMAN 1 Bolangitang Timur dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi tahun pelajaran 2022 - 2023 yang berjumlah 19 orang. Pada penelitian ini guru yang bertindak sebagai penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pelajaran ekonomi kelas XI pada materi Penawaran dan Permintaan Uang. Penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan terdiri dari 2 (siklus) siklus pertama terdiri dari dua observasi pembelajaran, masing- masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

          Tindakan pembelajaran pada siklus I mengenai materi Penawaran dan Permintaan Uang pada sub tema Indeks Harga dan Inflansi. Teknik pengumpul data hasil belajar dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir siklus 1 dan akhir siklus 2. Dan data hasil pengamatan dikumpulkan dengan teknik pengamatan (observasi). Observasi memungkinkan untuk mengetahui kesesuaian antara harapan dan kenyataan dari penelitian tindakan kelas. Observasi dilaksanakan secara komprehensif dalam kelas. Aspek-aspek dalam pengamatan meliputi: perilaku siswa waktu belajar, kegiatan diskusi siswa, partisipasi siswa dalam presentasi dan diskusi. Sehingga dapat diketahui secara jelas bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Problem Based Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

This research aims to describe the increase in students' interest in learning in economics subjects through the Problem Based Learning (PBL) model in class XI of SMAN 1 East Bolangitang. This research was carried out in 2 cycles. Cycle 1 and cycle 2 consisted of research stages divided into four stages: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection, then continued to the next cycle. This research was carried out on October 12 2022 and November 13 2022, at SMAN 1 East Bolangitang with the research subjects being class XI students in the Economics subject for the 2022 - 2023 academic year, totaling 19 people. In this research, the teacher who acts as the author tries to apply the Problem Based Learning (PBL) learning model through class XI economics lessons on the material Supply and Demand for Money. The classroom action research that has been carried out consists of 2 (cycles). The first cycle consists of two learning observations, each cycle consisting of 4 (four) stages, namely planning, implementation, observation and reflection.

Actions in cycle I regarding the material Supply and Query of Money on the sub-theme Price Index and Inflation. The data collection technique for learning outcomes in this research was collected using test techniques in the form of written tests which were carried out at the end of cycle 1 and the end of cycle 2. And the observation data was collected using observation techniques (observation). Observation makes it possible to find out the balance between expectations and reality from classroom research actions. Observations are carried out comprehensively in class. Aspects in observation include: student behavior while studying, student discussion activities, student participation in presentations and discussions. So it can be clearly seen how students' activities are during the learning process.

Keywords: Learning Motivation, Problem Based Learning

 

References

Muchlisin Riadi 2022, Motivasi Belajar, kajian pustaka internet

Sereliciouz 2021, Problem Based Learning – Pengertian, Tujuan, Plus Minus,Quipper Blog

Gede Billy Bagiarta Sutrisna, Jurnal Adat dan Budaya, Universitas Pendidikan Ganesha Bali

Olivia Sabat 2021, Mengenal Metode Pembelajaran Problem Based Learning, detik.com

Aisyah Nofziarni, H. Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Disekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 2016-2024.

Baiq Henny Helyandari, H. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika , 10-17.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Nonformal Aksara , 39-46.

Siti Asrifah, A. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Jurnal Buana Pendidikan , 183-193.

Tia Alfianiawati, D. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dikels V Sd. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD , 1-10.

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara Jakarta

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Suratinojo, . R. ., Mamentu, M., Rawung, M., & Kandori, I. (2025). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XI SMAN 1 BOLANGITANG TIMUR. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 169–175. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8167