MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP ADVENT TONDANO

Authors

  • Yohana A. Metusala PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8154

Keywords:

Learning Motivation, Problem Based Learning, Students

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab.Minahasa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab.Minahasa yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan hasil analisis data, baik data observasi awal maupun data pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap tahapan penelitian. Pada saat observasi awal, motivasi belajar siswa di di Kelas IX SMP Advent Tondano hanya berjumlah 28% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 29 orang, namun setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning meningkat menjadi 59,67% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan hingga mencapai 89,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi; “Jika dalam pembelajaran digunakan model pembelajaran problem based learning maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab.Minahasa akan meningkat  maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima. 

 Kata Kunci : Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Peserta didik

 

ABSTRACT

The aim of this research is to increase student learning motivation in social studies subjects in Class IX Adventist Middle School Tondano, Minahasa Regency through the Problem Based Learning learning model. The research method used is classroom action research. The subjects subject to action were all 29 Class IX students of Tondano Adventist Middle School, Minahasa Regency. Data collection techniques include questionnaires, observation and documentation. The research results show that the overall results of data analysis, both initial observation data and data in cycle 1 and cycle 2, show an increase in student learning motivation at each stage of the research. At the time of the initial observation, the learning motivation of class IX students at Advent Tondano Middle School was only 28% of the total 29 students, but after being given learning actions using the problem based learning model it increased to 59.67%, while in cycle 2 it increased to 89.33%. Based on the research results, it can be concluded that the action hypothesis reads; "If the problem-based learning model is used in learning, students' learning motivation in social studies subjects in Class IX of Adventist Middle School, Tondano, Minahasa Regency will increase so that this research is declared successful or the hypothesis is accepted.

Keywords: Learning Motivation, Problem Based Learning, Students

 

References

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2),

–150.

Aman, K. (2016). Penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Butar Sulawesi Tengah. Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 12(1).

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765–772.

https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2). https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126

Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Rudiyanto, R., Irmayanti, N., Sayati, S., & Makmun, S. (2022). Pembelajaran PAI

Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan. Ideas: Jurnal

Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 891–898.

https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.846

Rustinah, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam di Indonesia Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 1(03), 320–337. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.23

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif

Online, 3(1).

Widyaningrum, A., & Wasitohadi, T. S. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Di Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Metusala, Y. A., Wuisang, J., & Kandori, I. (2025). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP ADVENT TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 74–83. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8154