PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 1 SAMATURU

Authors

  • Nurmawati . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joubert M. Dame UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8166

Keywords:

Problem Based Learning Model, Learning Interest

Abstract

ABSTRAK

Pada Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan nilai rata-rata pada siklus I 84. Jumlah siswa yang tidak tuntas belajar hanya ada 3 peserta didik pada siklus I peserta didik yang tuntas sudah ada 27 peserta didik dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 30 peserta didik yang tuntas belajar. Penguasaan materi dapat dikatakan meningkat karena dalam pembelajaran pertama sampai ketiga terjadi peningkatan dari siklus pertama hanya sebesar 85 %, pada siklus kedua meningkat menjadi 100% . Setelah siswa diberikan tambahan dengan mengerjakan latihan-latihan dan bimbingan guru pada siklus II meningkat menjadi 100,% dan setelah pembelajaran kedua peserta didik diberikan tambahan tugas dan  mampu menguasai materi pembelajaran meningkat . Berdasarkan kenaikan perhitungan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakanmetode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran Ekonomi pada materi kelangkaan dan pelaku kegiatan ekonomi, hal tersebut di buktikan dengan kenaikan dari tiap siklus.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Minat Belajar

 

 

ABSTRACT

In this class action research shows the average value in cycle I 84. The number of students who did not complete learning was only 3 students in cycle I, there were 27 students who were complete and in cycle II it increased again to 30 students who completed learning. Mastery of the material can be said to have increased because in the first to third learning there was an increase from the first cycle of only 85%, in the second cycle it increased to 100%. After students are given additional work on exercises and teacher guidance in cycle II it increases to 100,% and after the second learning the students are given additional assignments and are able to master the learning material increases. Based on the increase in percentage calculations, it can be concluded that learning by using the Problem Based Learning (PBL) method can increase students' interest in Economics subjects on scarcity material and actors of economic activities, this is evidenced by the increase from each cycle.

Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Interest

 

 

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyani, Endang dan Nurcahyanto, Asep. 2022. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA Kurikulum merdeka. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Nurlita, Nella. 2022. Buku Ekonomi untuk SMA-MA Kelas X Kurikulum merdeka. Bandung: Yrama Widya.

P2LPTK https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html

https://irpan1990.wordpress.com/2011/08/11/metode-pembelajaran-diskusi-kelompok/

https://scholar.google.co.id/scholar?q=metode+pembelajaran+pbl&hl=id&as_sdt=0&as

_vis=1&oi=scholar

Dimyatidan, Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., N., Wuisang, J., Korengkeng, N., & Dame, J. M. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 1 SAMATURU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 159–168. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8166