KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Authors

  • Rosita . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Nola Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8177

Keywords:

Difficulty learning, Student

Abstract

                                    Abstrak

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi siswa menghadapi hambatan- hambatan tertentu dalam menempuh proses pendidikan serta menggapai hasil belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi siswa serta mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dimana kami memberikan beberapa kuesioner ataupun pertanyaan kepada siswa-siswa mengenai kesulitan belajar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan belajar siswa merupakan kesulitan yang bersifat komunal atau kolektif dirasakan oleh sebagian siswa.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar; Siswa;

 

 

Abstract

 

Learning is a condition of students facing certain obstacles in taking the educational process and achieving maximum learning outcomes. This study aims to determine the learning difficulties faced and to find out the causes of students experiencing difficulties in learning. The method used in this research is a survey method, where we give several questionnaires or questions to students about learning difficulties. The sample in this study was 100 students at SMP Sabilal Akhyar Kwala Gumit. The results showed that students' learning difficulties were communal difficulties or felt by some students.

Keyword: Difficulty learning; Student

References

Amelia, Wahyu. (2016). “Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learnerâ€.

Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 01 No. 02, 55.

Erma, Yulida. (2010). “Kesulitan Belajarâ€. Jurnal Pendidikan,7.

Fatah, Muhammad. (2021). “Jenis-jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnyaâ€, Jurnal Pendidikan, Vol.19 No. 01,9.

Fedi. Sebastian. (2020). “Analisis Kesulitan Belajar dalm Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Institut Pendidikan, Vol. 09 No. 02, 11.

Hermayawati. (2010). “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswaâ€. Jurnal Sosio Humaniora, Vol. 1 No.1, 8.

Kumalasari, Ade. (2015). “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematikaâ€, Jurnal Riset Pendidikan, Vol. 02, No. 01, 8.

Nani. (2019). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesiaâ€, Jurnal Of Educational Review And Resech, Vol. 02 No.01, 4.

Soedjoko. Edy. (2012). , “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Garis Lurusâ€.

Journal Of Mathematics Education, Vol.01 No.01,2.

Sulistyowati, Hany. (2019). “Faktor-faktor yang Mmepengaruhi Kesulitan Belajarâ€, Jurnal Pendidikan,6.

Wijayanti. (2019). “Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswaâ€, Jurnal Pendidikan,3.

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., R., Rooroh, A., Korengkeng, N., & Taroreh, J. (2025). KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 255–261. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8177