UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASIC LEARNING (PJBL)

Authors

  • Asnawati . Universitas Negeri Manado
  • Joseph Kambey PPG Universitas Negeri Manado
  • Allen Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Amelda Sakul PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8137

Keywords:

Basic project learning method, service company accounting cycle, learning outcomes, learning motivation

Abstract

ABSTRAK

Salah satu prioritas pemerintah pada umumnya adalah pendidikan. Penelitian ini didorong oleh fakta bahwa siswa mengalami kesulitan belajar akuntansi dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan memahami siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar siswa ketika menerapkan model pembelajaran project basic learning, dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik SMA NEGERI 1 BAHADOPI kelas XII MIPA 3 dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini berbentuk studi bersama di mana siswa dibagi menjadi kelompok penelitian yang terdiri dari 4 individu yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dalam 3 siklus yakni pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran project basic learning dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dilihat melalui aktivitas belajar siswa untuk setiap kelompok. Project basic learning juga dapat meningkatkan hasil belajar secara klasikal dari pra siklus dan setelah melaksanakan siklus 1 dan 2.

Kata kunci: Metode pembelajaran project basic learning, Siklus akuntansi perusahaan jasa, Hasil belajar, Motivasi belajar

 

ABSTRACT

One of the government's priorities in general is education. This research was motivated by the fact that students had difficulty learning accounting and lack of student motivation to learn and understand the accounting cycle of service companies. This research aims to determine student learning outcomes and learning motivation when implementing the project basic learning learning model, in an effort to increase student motivation and learning outcomes. This research is classroom action research. The subjects in this research were class XII MIPA 3 of SMA NEGERI 1 BAHADOPI students with a total of 28 students. This research takes the form of a joint study where students are divided into research groups consisting of 4 different individuals. This research uses a descriptive qualitative approach carried out in 3 cycles, namely pre-cycle, cycle 1 and cycle 2. Each cycle in this research consists of four stages, namely 1) planning, 2) implementation, 3) observation and 4) reflection. The instruments used were learning results tests and observations. The results of the research showed that using the project basic learning method could increase students' interest in learning as seen through student learning activities for each group. Basic learning projects can also improve classical learning outcomes from pre-cycle and after do the cycle 1 and cycle 2.

Keywords: Basic project learning method, service company accounting cycle, learning outcomes, learning motivation

 

 

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp. v5i3.36230

Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah.

PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2).

http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.328

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Hidi, S., & Harackiewicz, J.M. 2000. Motivating The Academically Unmotivated: A Critical Issue for

The 21st century Review of Educational Research.

Isjoni, H. (2014). Cooperative learning mengembangkan kemampuan belajar

berkelompok. Bandung: Alfabet.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom

Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Penggunaan

Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal

Pena Ilmiah, 1(1), 291–300. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3033

RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH

BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no- 20-tahun-2003

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta

Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan beripikir kreatif matematis

siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 503–508.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan

keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.

Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198.

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Syam, A. R., & Arifin, S. (2017). Kedudukan Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam

Di Era Globalisasi. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education,

(1). 10.24269/ajbe.v2i1.879

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., A., Kambey, J., Manongko, A., & Sakul, A. (2025). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASIC LEARNING (PJBL). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 67–73. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8137