UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PERKANTORAN SMK NASIONAL MOLOMPAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TARGET (TARGET GAMES) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Mas Ponggohong PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Robert Winerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Linda Rumbayan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Niny Makaliwe UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8704

Keywords:

Student Learning Activities, Target Game Learning

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Permainan Target. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 2 siklus. Penggunaan Model Kooperatif Permainan Target (Target Games) mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran EKONOMI Kelas XI PERKANTORAN SMK Nasional Molompar yaitu pada siklus 1 sebesar 61,77 %, pada siklus  2  mengalami  peningkatan  sebesar 20,89  %  menjadi 82,66%.  Penggunaan  Model  Kooperatif  Permainan Target (Target Games) mampu  meningkatkan kinerja  guru pada  pembelajaran  Ekonomi Kelas XI PERKANTORAN SMK Nasional Molompar yaitu  pada  siklus 1 nilai  rata-rata  kinerja  guru melaksanakan pembelajaran sebesar 3,39 dengan  kategori baik dan pada siklus 2 nilai  rata-rata  mengalami  peningkatan  sebesar  8.75%  menjadi 3,74  dengan kategori baik sekali.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Permainan Target

 

 

Abstract

This research aims to increase student learning activities by using the Cooperative Target Game Model. This research uses a classroom action research approach by carrying out 2 cycles.

The use of the Cooperative Model of Target Games (Target Games) is able to increase student learning activities in the classroom. The use of the Cooperative Model of Target Games (Target Games) is able to improve teacher performance in the classroom, increasing by 8.75% to 3.74 in the very good category.

Keywords: Student Learning Activities, Target Game Learning

 

References

Anton Mulyono. (2011). Aktivitas Belajar(Online). (http:/id.shvoong.com/social-sciences/1961162-aktifitas-belajar, diakses 3 September 2023).

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA/SMK. Jakarta: Depdiknas.

Hadari Nawawi. (2015). Metode Penelitian Ilmu Pengetahuan Alam. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hidayati dkk. (2019). Pengembangan Pendidikan EKONOMI SMA . Jakarta: Depdiknas

Iskandar, 2011. Hakekat Pembelajaran EKONOMI di SMA/SMK. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

M Nasution dan J Mursel. (2015). Mengajar Dengan Sukses (Succesful Teaching). Jakarta: Bumi Aksura.

Noor Latifah. (2018). Hakekat Aktivitas Siswa. (Online). (Noor Latifah.http://latifah-04.wordpress.com, diakses 3 September 2023).

Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardjiyo dkk. (2017). Pembelajaran EKONOMI di SMA/SMK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sri Sulistyorini. (2017). Pembelajaran EKONOMI di SMA/SMK. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyitno. 2012. Prinsip-Prinsip Pembelajaran EKONOMI. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Ponggohong, M. ., Winerungan, R., Rumbayan, L., & Makaliwe, N. (2025). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PERKANTORAN SMK NASIONAL MOLOMPAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TARGET (TARGET GAMES) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 176–188. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8704