PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP 13 MALUKU TENGAH PADA MATERI KELANGKAAN SEBAGAI MASALAH EKONOMI TAHUN AJAR 2022/2023

Authors

  • Fatima Lestaluhu.docx PPG Universitas Negeri Manado
  • Joseph Kambey PPG Universitas Negeri Manado
  • Amelda Sakul PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8119

Keywords:

Inquiry Method, Learning Outcomes, Students

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai tujuan yakni guna mengetahui penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMP 13 Maluku Tengah. Penelitian ini mempunyai manfaat secara peraktis yaitu sebagai bahan refrensi bagi penulis lain yang mau meneliti tentang metode pembelajaran inquiry. Dan penelitian ini juga memiliki manfaat secara teoritis yaitu menjadi sarana masukan atau rujukan bagi Guru mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Metode Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode yang dipakai pada penelitian ini, setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan barulah dimulai pengumpulan data, perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2 digunakan untuk menganalisis data. Adapun populasi pada peneitian ini yakni kelas 7 SMP 13 Maluku Tengah sebanyak 33 Siswa.

Hasil dari penelitian ini yakni hasil belajar siswa kelas 7 pada materi kelngakaan adalah permasalahan ekonomi dengan menggunakan metode inquiry terjadi peningkatan yang sesuai dengan target peneliti yakni diatas kkm yaitu 75 pada siklus 2. Keberhasilan ini tentunya karena penggunaan metode inquiry yang berbeda dengan metode konvensional yang sering dipakai oleh Guru dikelas

Kata Kunci: Metode inquiry, Hasil Belajar, Siswa

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the application of the inquiry method to improve the learning outcomes of grade 7 students at SMP 13 Central Maluku. This research has practical benefits, namely as reference material for other writers who want to research inquiry learning methods. And this research also has theoretical benefits, namely being input or reference material for economics teachers in improving student learning outcomes

The Classroom Action Research Method is the method used in this research. After teaching and learning activities were carried out, data collection began, comparison of the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2 was used to analyze the data. The population in this study was class 7 of SMP 13 Central Maluku, totaling 33 students.

The results of this research are the learning outcomes of grade 7 students on the subject of scarcity, economic problems. By using the inquiry method, there was an increase in accordance with the researcher's target, namely above the kkm, namely 75 in cycle 2. This success was of course due to the use of an inquiry method that was different from the conventional method, which was often used. used by teachers in class

Keywords: Inquiry Method, Learning Outcomes, Students

References

Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa. Anni, Cataraina. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES.

Amri dan Ahmadi. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas.

Jakarta: Prestasi Pustaka

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar: PT Bumi Aksara Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa. 2009. Prakter Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. 2006 . Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Sri Marwati., Rahayu M., dan Slameto S.2011. Dinasti. Wonosobo: Anggara

Putra Mandiri

Sudjana, 2009 . Model Statistik edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Suharsimi Arikunta 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Suharsimi Arikunto 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Thobroni dan Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Lestaluhu.docx, F., Kambey, J., & Sakul, A. (2025). PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP 13 MALUKU TENGAH PADA MATERI KELANGKAAN SEBAGAI MASALAH EKONOMI TAHUN AJAR 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 107–113. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8119