PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANAWA SELATAN

Authors

  • Ribet Tyaningsih PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8710

Keywords:

Problem Based Learning, Interest in Learning

Abstract

ABSTRAK

Dengan PBL, siswa SMP Negeri 5 Banawa Selatan dengan mudah dan cepat mengetahui Potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Kemaritiman Indonesia yang bisa dijadikan unggulan dalam meningkatkan perekonomian di daerah sekitar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Progarm Study Ekonomi Universitas Negeri Manado tahun 2023

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa tentang Menganalisis Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman di Indonesia dengan Metode berbasis masalah di SMP Negeri 5 Banawa Selatan. Dilaksanakan di SMP Negeri 5 Banawa Selatan Kec. Banawa Selataan Kab. Donggala. Masalah yang dirumuskan dalam focus perbaikan adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS, khususnya pada materi Sumber Daya Alam (SDA) dan Kemaritiman Indonesia , dengan metode PBL ?

Secara umum siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata Pelajaran IPS materi yang berhubungan dengan ekonomi menemui kesulitan, untuk itu peneliti berupaya untuk memecahkan permasalahan yang akan dihadapi siswa melalui PTK.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Minat Belajar

 

 

ABSTRACT

With PBL, students at SMP Negeri 5 South Banawa can easily and quickly find out about Indonesia's Natural Resources (SDA) and Maritime Potential which can be made a priority in improving the economy of the surrounding area. Classroom Action Research (PTK) for Teacher Professional Education in the Economic Study Program at Manado State University in 2023

The aim of this research is to increase students' interest in learning to analyze the potential of natural and marine resources in Indonesia using problem-based methods at SMP Negeri 5 South Banawa. Held at SMP Negeri 5 South Banawa District. South Banawa District. Donggala. The problem formulated in the focus of improvement is How to improve learning outcomes in social studies subjects, especially in Natural Resources (SDA) and Indonesian Maritime Affairs materials using the PBL method?. In general, students experience difficulties in carrying out social studies learning activities related to economics, for this reason researchers try to solve the problems that students will face through PTK.

Keywords: Problem Based Learning, Interest in Learning

References

Al Farisi 2020. Fabrication Method of Micromachined Quartz Glass Resonator Using Sacrificial Supporting Structures

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Dzulfikar, A., Asikin, M. & Hendikawati, P. 2012. Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematic s Education-UJME, Vol. 1, No. 1

Istarani. (2012).58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan.MediaPersada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Lilis N,. 2019. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional. Jurnal Humanity versi online volume 10, nomor 1. ISSN 0216-8995.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Tyaningsih, R. ., Rooroh, A., & Kandori, I. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANAWA SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 220–222. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8710