MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Di SMK NEGERI 1 LOLAYAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Tantri Madya Damo PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Niny Makaliwe PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8713

Keywords:

Problem Based Learning, Interest in Learning

Abstract

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Melalui model problem based learning di SMK Negeri 1 Lolayan.

Penelitian  ini merupakan penelitian tindakan  kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam  tiga  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 26 orang siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah  dengan  wawancara, angket dan dokumenter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode saintifik dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X pada bidang studi Ekonmi Bisnis di SMKN 1  Lolayan. Pemahaman siswa yang sebelum diterapkannya metode pendekatan saintifik belum memenuhi kriteria standar ketuntasan minimal (KKM) namun setelah diterapkan metode saintifik pemahaman siswa meningkat, terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklus  yang di lalui. Penggunaan metode saintifik dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai sebelum diterapkannya metode saintifik 75,9, banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas 75 (KKM) adalah 8 dengan presentase 40%,. Dari hasil siklus I rata-rata nilai yang di peroleh 78,35, banyaknya siswa yang mendapat  nilai diatas 75 (KKM) adalah 9 dengan presentase 45 %,dan dari hasil siklus II rata- rata nilai yang di peroleh 82,85, banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas 75 (KKM) adalah 20 dengan presentase 100%, hasil observasi aktifitas guru 93.75 (Sangat Baik). Dengan demikian, pemahaman siswa dan hasil analisis lembar observasi pengamatan meningkat kearah yang lebih baik dengan penerapan metode saintifik dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah.

Kata kunci : Problem Based Learning, Minat Belajar

 

 

 

ABSTRACK

The aim of this research is to increase students' interest in learning in class X Business Economics subjects through a problem based learning model at SMK Negeri 1 Lolayan.

This research is classroom action research (PTK). The research was carried out in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. The research subjects were 26 class X students. Data sources come from teachers and students. Data collection techniques are interviews, questionnaires and documentaries. The results of the research show that learning using scientific methods can improve the understanding of class X students in the field of study of Business Economics at SMKN 1 Lolayan. Students' understanding before applying the scientific approach method did not meet the minimum completeness standard criteria (KKM), but after applying the scientific method, students' understanding increased, as seen in the increase in learning completeness in each cycle they went through. The use of scientific methods can improve students' understanding of Business Economics subjects. This can be seen from the average score before the application of the scientific method was 75.9, the number of students who got a score above 75 (KKM) was 8 with a percentage of 40%. From the results of cycle I the average score obtained was 78.35, the number of students who got a score above 75 (KKM) was 9 with a percentage of 45%, and from the results of cycle II the average score obtained was 82.85, the number of students those who got a score above 75 (KKM) were 20 with a percentage of 100%, the results of observing teacher activities were 93.75 (Very Good). Thus, students' understanding and the results of the analysis of observation observation sheets improve in a better direction by applying the scientific method compared to using the lecture method.

Keywords: Problem Based Learning, Interest in Learning

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Hal. 297. Chatib, Munif. Gurunya Manusia. Bandung : PT Mizan Pustaka, 2011. Hal.131.

Ibid, hal. 75. https://www.quipper.com>info-guru

Em Zul,Fajri & Ratu Aprilia Senja. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Semarang: Difa Publisher.ex.php/pgsd/article/view6550.

Depdikbud. Pedoman Analisis Hasil Evaluasi belajar. Jakarta,1994,hal 74.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. (Jakarta : Pusat Bahasa, 2008), hal. 952

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, (Jakarta: PT. Ciputat Press,2005), 52

Arifin, Z. (2017).konsep dan model pembelajaran kurikulum. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Dakir, H. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah, Pendidik Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta:PT. Rineka Cipta, 2005), h. 238.

Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hal.26-28.

Oemar Hamalik, Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan sistem,( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010), hal.199

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran…, hal.101

Arif Yusuf Hambali. 2016 Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aswan Zain Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rieneka Cipta,2006), hal.89-90

Djumingin, Sulastriningsih, Setrategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra, (Makasar: Badan Penerbit 2011) hal. 175

Handi Irawan.2002, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Media Komputindo.

Abuyamin, Oyok.2012. Perpajakan. Bandung: Humaniora Utama Press

Bilas, Richars A. 1993. Teori Mikroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Boediono. 1992. Ekonomi Mikro: Seri Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Eko, Yuli.2009. Ekonomi I : Untuk SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanl : Jakarta.

Mankiw, Gregroy. 2003.Teori Makro Ekonomi. Jakarta. Erlangga.

Mulyati, Sri Nur dan Mahfudz, Agus dan Permana, Leni. 2009. Ekonomi I: Untuk Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Rahardja, Pratama, dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi). Depok: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Bandung: PT. Rineka Cipta, 2006, hal.129

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Bandung: PT. Rineka Cipta, 2006), h.129

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Damo, T. M., Taroreh, J., & Makaliwe, N. (2025). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Di SMK NEGERI 1 LOLAYAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 249–252. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8713