ANALISIS ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 TATAPAAN

Authors

  • Shinta Novralia Tombokan Universitas Negeri Manado
  • Meike Mamentu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8918

Keywords:

Administrasi guru, Mutu Pembelajaran

Abstract

This research discusses the analysis of teacher administration in improving the quality of learning at SMK Negeri 1 Tatapaan. Where teacher administration is a key factor in improving the quality of learning. Through the descriptive method with qualitative data types, data collection techniques are carried out by means of observation, interviews and documentation. Data analysis methods are carried out starting from data collection, data reduction, data analysis and drawing conclusions. This research explores teacher administrative practices that impact the quality of learning. Results of research at SMK Negeri 1 Tatapaan. States that teacher administration is very necessary in improving the quality of learning. Where this concerns the readiness and ability of teachers in the success of the learning process in keeping up with current developments, especially in improving the quality of learning in schools.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: Gramedia.

Azhar (2021). Urgensi Administrasi Guru Dalam Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin Nw Penujak. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 2(4). 29-51

Ahmad, A, K. (2022). Penguatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7). 1695-1706.

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional,†Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2). 161-174.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hanan, K. (2020). Administrasi Guru & Kegiatan Belajar Mengajar. Kalam Hanan.

Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. KABILAH: Journal of Social Community, 3(2), 210-222.

Marwan, dan Syarifuddin (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Man 5 Aceh Utara, Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, 8(1), 18-27.

Mumpuni, A, dan Nurbaeti, R. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Jurnal Riset Pedagogik. 3(2), 123-132.

Mulyasa. (2017). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja. Rosdakarya Offset

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nuraieni. (2020). Pengembangan Administrasi Guru Kelas Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(1), 14-26.

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia.

Ratu Donal. (2019). Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Smp Negeri Kembes. Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2). 159-170.

Sennen, E. (2018). Mengenal Administrasi Guru di Sekolah. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 72-76.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sopian, Ahmad, Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 2016, 88-97.

Syakbaniansyah, S., Norjanah, N., & Syahrani, S. (2022). Penyusunan Administrasi Guru. Al-Risalah, 17(1), 47-56.

Undang- Undang RI No. 14 Tahun 2005 pasal 20 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.

Oroh, S., Wuisang, J., & Putri, D. N. (2023) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK N 2 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4 (1), 1-12

Tamboto, H. J,. Lempas,J.D., & Sasue, B. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kompetensi Pedagodik Guru Terhadap Moivasi Belajar Siswa Di SMA Advent Ambia Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 173-181.

Laloan, C., Dame,J. M., & Bakahosu, A. (2023). Analisis Faktor Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonmi Di SMA Negeri 1 Airmadidi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1),22-52

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Tombokan, S. N., & Mamentu, M. (2024). ANALISIS ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 TATAPAAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 356–364. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8918

Issue

Section

Articles