Analisis Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK Negeri 2 Tondano

Authors

  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Amsje Winokan Universitas Negeri Manado
  • Hendro Lawarakan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5425

Keywords:

Analysis, Role of Administrative Staff, Service Quality

Abstract

 Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tentang peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi yang ada di sekolah SMK Negeri 2 Tondano, sedangkan metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian  di SMK Negeri 2 Tondano Subjek penelitian adalah Tenaga Administrasi SMK Negeri 2 Tondano. Sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis peran tenaga administrasi yang ada di SMK Negeri 2 Tondano sudah sangat baik dan mengalami peningkatan. Peran tersebut dapat di lihat dari beberapa kinerja yang optimal dan beberapa tanggapan dari para tenaga kependidikan di SMK Negeri 2 Tondano.

Kata Kunci : Analisis, Peran tenaga Administrasi, Mutu Layanan

 

 

 

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the role of administrative staff in improving the quality of administrative services in SMK Negeri 2 Tondano, while the method used in this study was a qualitative method. The research location is at SMK Negeri 2 Tondano. The subject of this research is the administrative staff of SMK Negeri 2 Tondano. Sources of primary data and secondary data. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the analysis of the role of administrative staff in SMK Negeri 2 Tondano is very good and has increased. This role can be seen from some of the optimal performance and some responses from the education staff at SMK Negeri 2 Tondano.

Keywords: Analysis, Role of Administrative Staff, Service Quality

References

Pustaka dari jurnal ilmiah :

Bafadal (2003: 26),Manmajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Semtralisasi Menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara

Dr. Sondang Siagaan (2012). Manajemen sumber daya manusia, bumi aksara. Jakarta

Gibson. Et. Al., (1995). Preproject Planning Process For Capital Facilities, Journal Of Construction Engineeringand Management, ASCE,

Simamora, H. (2006 : 34). Sumber Daya Manusia . Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudi, Joko, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar(Learning Organization), (Bandung: Alfabeta, 2009) h.28

Dr, Sondang Siagaan (2012;13). Manajemen Sumber daya Manusia, bumi aksara Jakarta

Pustaka dari buku :

Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi, Jilid I Dan II, Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo

Pustaka dari Dokumen pemerintah :

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2008 pasal 1 ayat 2

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Tawas, Y., Winokan, A., & Lawarakan, H. . (2022). Analisis Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 403-409. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5425

Issue

Section

Articles