PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMP ADVENT TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7071Keywords:
service effectiveness, administration, student satisfactionAbstract
Abstrak
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas pelayanan administrasi pendidikan terhadap kepuasan siswa di SMP Advent Tondano. Untuk memperoleh kemudahan dan kejelasan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah semua anggota populasi berjumlah 89 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelayanan administrasi pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan siswa di SMP Advent Tondano. Hal ini menunjukkan bahwa efektifnya staff administrasi pendidikan dalam memberikan pelayanan kepada siswa sangatlah penting untuk memberikan kepuasan pelayanan akan kebutuhan siswa di SMP Advent Tondano. Kata kunci: efektivitas pelayanan, administrasi, kepuasan siswa
Abstrack
As for the purpose of this study was to determine the effect of the effectiveness of educational administration services on student satisfaction at Tondano Advent Middle School.
To obtain convenience and clarity in this study, the authors use quantitative methods. In this study, the samples were all members of the population totaling 89 respondents.
Based on the results of this study, it can be interpreted that the effectiveness of educational administration services influences student satisfaction at Tondano Adventist Middle School. This shows that the effectiveness of educational administration staff in providing services to students is very important to provide service satisfaction for the needs of students at Tondano Advent Middle School.
Keywords: service effectiveness, administration, student satisfaction
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Daryanto, Ismanto Setyobudi. 2015. Konsumen dan Pelayanan Prima.
Daryanto, Ismanto, dan Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava media.
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gifari Wahyu Wibisana. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Keperawatan STIKES Jenderal A. Yani. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.
Hadi, Sutrisno. 2001, Statistik Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.
Hery Susanto. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh. Tesis. Mataram: Program Pascasarjana Universitas Terbuka.
I Nyoman Rinala, I Made Yudana, dan I Nyoman Natajaya. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. Vol. 4 Tahun 2013
Irawan. 2002. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jayabrata, dkk. 2011. Analysis of The Influence Patient Safety, Service Quality, Marketing Mix, Toward Patient Satisfaction and Patient Loyalty for Inpatients of Private Hospitals in Surabaya. International Journal of Business and Management Invention Vol.5, No.4.
Khusaeni, Akhmad. 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Kepuasan Siswa dan Loyalitas Siswa (Studi Empirik di SMK Negeri Rembang, Pasuruan, Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 14 No 4, 2016
Ludviyatus Sholeha, Sutrisno Djaja, dan Joko Widodo. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol. 12, No. 1, ISSN 1907-9990 E-ISSN 2548-7175.
Malik, dkk. 2010. The Impact of Service Quality on Students’ Satisfaction in Higher Education Institutes of Punjab. Journal of Management Research Vol.2, No.2.
Marthalina. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM. Vol. 5, No. 1/ Juni 2018: 1 – 18.
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.
Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edesi 13.
Priansa, Donni Juni dan Fenny Damayanti. 2015. Admininstrasi & Operasional Perkantoran. Bandung: Alfabeta, 2015.
Rambat, Lupiyoadi. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Pratik. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Soenarto, dkk. 2017. Effect of the Education Quality, Administration Quality, Quality of Physical Campus on Innovation Campus and Student Satisfaction of Private Higher Education in the District Sidoarjo Indonesia. The International Journal Of Business & Management. Vol. 5, No 1.
Soenarto, Hening Widi Oetomo, dan Suhermin. 2017. Effect of the Education Quality.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, Ed.3Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian :Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supanto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
sYenti Sumarni. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu. Jurnal Baabu Al-Ilmi, Vol.3 No.1 April 2018
Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tuerah, F.F.R., dkk. 2015. Analisis Kualitas Layanan Akademik dan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal EMBA, Vol.3, No.4, Desember.
Yamit, Zulhan. 2011. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisa
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Telly Anita Kosegeran, Iwan kandori, James Manengkey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.